Membuat Search Engine Di Blog Part 2

0

Tentu Anda sudah tahu apa itu Search Engine? Saat ini Search Engine tidak bisa dipisahkan dalam dunia internet. Dengan Search Engine Anda bisa mencari informasi yang diinginkan sesuai dengan kata kunci yang diketik, dan yang mau dibahas disini adalah bagaimana caranya membuat search engine di Blog?

Caranya sangat mudah dan sederhana yaitu:

1. Login ke Blogger, klik " Rancangan", pilih "Page Elements" disana banyak tulisan "Add a Widget", klik link tersebut dan sesuaikan diposisi mana Anda ingin menaruh script search engine tersebut?

2. Kemudian di layar baru yang muncul pilih "HTML/Javascript" kemudian salin/tempel script berikut ini didalam kolom content.

<form action="http://nama-blog Anda.blogspot.com/search" method="get"> <input class="textinput" name="q" size="30" type="text"/> <input value="search" class="buttonsubmit" name="submit" type="submit"/></form>

Ganti kata nama-blog Anda dengan nama blog Anda. Angka 30 menunjukkan panjang kotak (text box) semakin tinggi nilai angkanya maka semakin panjang text box-nya.

Selamat mencoba.
Author Image

About Ahmad Habibullah
Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design