Buat Hasil Pencarian Google Search Tampil di Halaman Posting

0

Jika memasang "Google Adsense for Search" atau search engine dari Google Adsense, maka ada tiga macam cara untuk menampilkan hasil pencariannya, yaitu:

1. Open results on Google in the same window (ditampilkan di halaman yang sama).

2. Open results on Google in a new window (ditampilkan dihalaman yang baru).

3. Open results within my own site (ditampilkan di site yang kita kehendaki).

Yang paling mudah adalah memakai cara yang pertama dan kedua, tapi cara ini membuat pungunjung yang melakukan pencarian kurang begitu antusias karena hasil pencariannya tidak lagi berada di blog. Cara ketiga yang paling bagus, karena hasil pencariannya akan langsung berada di dalam web/blog. Tetapi cara ini membutuhkan beberapa trik agar bisa tampil di dalam postingan blog. Yang ingin tahu beginilah caranya:

1. Buat postingan di blogger, tapi isinya kosong terus dikasih judul.

2. Ganti tanggal posting ke tanggal yang lebih lama biar tidak muncul di halaman utama. Caranya klik link "Post Option" (kiri bawah) kemudian yang didalam kotak "Post date and time" itu tanggal yang diganti, kalau sudah "Publish Post".

3. Masuk di "edit post" terus klik kanan link "View" pada judul postingan kosong yang Anda buat tadi, terus pilih "Copy link location" (bagi yang pakai Opera). Intinya yaitu mengambil link dari judul postingan kosong Anda tadi.

4. Selanjutnya yaitu Login di Google Adsense, terus buat "Adsense for search".

5. Lakukan beberapa settingnya, seperti memilih tampilan dan lain-lain.

6. Kemudian saat masuk ke pilihan "Opening of search results page" pilih yang "Open results within my own site", terus isi link postingan Anda tadi kedalam kotak dibawahnya.

7. Lalu didalam kotak "Enter width of results area:" ganti menjadi angka yang lebih kecil supaya muat di dalam bagian utama (postingan) blog Anda. Minimal 500 px.

8. Ikuti terus langkah berikutnya sampai Anda nanti dikasih script dari Google. Biasanya akan ada dua script, yang pertama untuk For Search Enginenya, yang kedua untuk hasil pencariannya.

9. Copy script yg pertama dan taruh di Blogger, "Page element >Add page element > Html/Javascript".

10. Script yang kedua juga sama, copy ke "Page element >Add page element >Html/Javascript", tapi kemudian geser/taruh page element script yang kedua tadi, ke bawah dari element utama/postingan.

11. Kalau sudah terus simpan dan selamat mencoba.
Author Image

About Ahmad Habibullah
Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design