Cara Memasang Meta Tag Di Blogger

0

Meta tag merupakan cara menyampaikan infomasi penting ke mesin pencari mengenai informasi suatu halaman, ada banyak meta tag yang sesuai dengan standar HTML dari World Wide Web Consortion, tapi sebenarnya yang selalu dipakai oleh mesin pencari hanya ada tiga saja yaitu description, keyword, dan robots. Mengenai penjelasan meta tag karena sudah terlalu banyak yang menulis hal ini .

Meta Tag Description

Meta tag description digunakan untuk memberikan gambaran umum mengenai isi dari halaman web Anda. Ukurannya disarankan tidak lebih dari 200 karakter. Dan diusahakan agar deskripsi ini bisa menjadi kalimat-kalimat yang letaknya di awal halaman web page yang bersangkutan. Contoh penulisan meta tag description adalah sebagai berikut:

<meta name="description" content="http://snifan.blogspot.com is a search engine tutorial that explain how to get top rangking in all major search engine and get high traffic for your web site. Available in Bahasa Indonesia.">

Beberapa search engine seperti Nothern Light dan Google tidak memakai meta tag sebagai deskripsi hasil pencariannya. Yang mereka gunakan adalah kalimat-kalimat awal yang ada pada halaman tersebut.
Itulah sebabnya kenapa saya menyarankan agar Anda menggunakan isi dari meta tag description sebagai kalimat pembuka. Dan jika bagian paling awal dari web Anda berupa sebuah menu, maka deskripsi yang ditampilkan pada hasil pencarian Northern Light adalah seperti ini:

Home Products and Service Contact Us About Us ...welcome to our online store, the best place on the
web to...

Meta Tag Keyword

Meta tag keyword sangat penting keberadaannya, karena menentukan kata kunci apa yang bisa menemukan halaman web tersebut pada mesin pencari. Sintak dasar dari meta tag keyword adalah sebagai berikut:

<meta name="keywords" content="keyword1 keyword2 keyword3 ..."/>

atau ada juga yang menulis dengan pemisah tanda koma:

<meta name="keywords" content="keyword1, keyword2, keyword3, ..."/>

Keduanya berfungsi sama dan tidak ada pengaruhnya pada mesin pencari. Tujuan pemakaian tanda koma agar keyword-keyword tersebut lebih mudah dibaca. Yang perlu diperhatikan disini adalah jangan pernah mengulang -ulang sebuah kata lebih dari tiga kali, karena akan dianggap spamming. Contoh pemakaian meta tag keyword yang salah adalah:

<meta name="keywords" content="tips, tips blogger, tips ponsel, tips internet, tips bisnis>

Disini terlihat sekali bahwa kata "tips", diulang lebih dari tiga kali. Contoh berikut ini tidak akan dianggap spamming oleh mesin pencari:

<meta name="keywords" content="tips blogger ponsel internet bisnis">

Yang tak kalah pentingnya mengenai keyword adalah jangan membuat keyword yang tidak ada hubungannya dengan isi halaman web Anda. Hal ini juga akan dianggap spamming. Misalkan web Anda memuat informasi mengenai tips dan trik blog, jangan sekali-kali menambahkan kata kunci seperti "Planet" atau "DVD Player" sebagai kata kunci hanya karena kata kunci-kata kunci ini merupakan kata kunci favorit di internet dan banyak dicari orang.

Meta Tag Robots

Tujuan utama penggunaan meta tag robots adalah untuk menentukan halaman web yang mana bisa diindeks oleh spider dan halaman web mana yang tidak bisa diindeks. Tag ini berguna sekali terutama jika sesuatu website memakai frame untuk navigasinya. Tentunya kita tidak ingin menampilkan menu-menu dalam frame untuk dibaca oleh mesin pencari. Format dasar dari meta tag robots adalah sebagai berikut:

<meta name="robots" content="index, noindex, follow, nofollow"/>

Sebagai contoh, jika Anda ingin agar spider membaca isi blog, dan mengikuti semua link yang ada maka tambahkan perintah berikut ini:

<meta name="robots" content="index, follow"/>

Dengan perintah ini spider akan meng-indeks isi blog Anda dan menjadwalkan untuk mengindeks halaman-halaman lain yang bisa dicari melalui hyperlink (<a href="">).

Perintah berikut ini akan menginstruksikan agar spider tidak meng-indeks maupun mengikuti link yang ada pada suatu halaman web.

<meta name="robots" content="noindex, nofollow"/>

Lalu bagaimana memasang Meta Tags di Blogger:

Untuk memasang Meta tag di Blogger caranya cukup mudah, pertama masuk ke Edit HTML kemudian copy paste kode dibawah ini, biasanya kode meta tags diletakan dibawah kode <title><data:blog.pageTitle/></title> dan jangan lupa merubah kode bercetak tebal di bawah sesuai dengan deskripsi blog Anda.

<meta content='Tulis deskirpsi disini' name='description'/>

<meta content='keyword1, keyword2, keyword3, ...' name='keywords'/>

<meta content='INDEX, FOLLOW' name='ROBOTS'/>
Author Image

About Ahmad Habibullah
Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design