Cara Membuat Tombol Like FB


Like
Facebook, situs layanan jejaring sosial paling terkenal, baru-baru ini merilis fitur baru yaitu Facebook Like. Kalau sebelumnya tombol "Like" hanya terlihat pada situs Facebook saja (misalnya di bawah status update pengguna Facebook), dengan fitur ini pengguna Facebook bisa menunjukkan rasa suka/like langsung di situs/blog di luar Facebook. Tapi tentunya hanya pada situs/blog yang memasang tombol ini yang bisa membagi link artikelnya ke Facebook.

Nah, bila Anda tertarik untuk memasang tombol "Like" di artikel blog Anda, silahkan ikuti cara pemasangannya. Sebenarnya, di situs Facebook sudah tersedia tool untuk mendapatkan kode yang bisa dipasang di situs/blog. Tapi sayangnya, pada pilihan URL to Like di tool itu, hanya bisa menentukan URL statis, tidak bisa membaca secara otomatis URL setiap artikel/halaman blog (URL dinamis). Untuk itu perlu sedikit modifikasi dari kode yang bisa didapat di Facebook itu.

Silahkan pilih kode yang sesuai dengan platform blog yang dipakai. Jika Anda tertarik silahkan ikuti langkah demi langkah di bawah ini:

- Login dulu ke akun Blogger Anda
- Klik pilihan Rancangan
- Edit HTML
- Tandai Expand Template Widget
- Cari kode <data:post.body/> dan masukkan kode di bawah ini di atas atau di bawahnya.

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<div>
<fb:like expr:href="data:post.url" layout='button_count' send='true' show_faces='false' font="arial" action="like" colorscheme="light"></fb:like>
</div>
</b:if>

- Cari kode </head>, masukkan script berikut ini di atas kode </head>.

<script>(function(d){
var js, id = 'facebook-jssdk'; if (d.getElementById(id)) {return;}
js = d.createElement('script'); js.id = id; js.async = true;
js.src = "//connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1";
d.getElementsByTagName('head')[0].appendChild(js);
}(document));</script>

Cari kode <html, biasanya berada di paling atas pada kolom edit html.

EDIT HTML

Dan ubah menjadi <html xmlns:fb="https://www.facebook.com/2008/fbml"

Jika sudah selesai, simpan template dan silahkan lihat hasilnya.Anda bisa memilih pengaturan tampilan pada tombol like, yaitu "Like" menjadi "Recommend" atau sebaliknya. Silahkan ganti kode like pada bagian "action=like" menjadi "action=recommend" pada pilihan kode di atas, "layout=standar" bisa Anda ubah menjadi "layout=button_count/box_count", "font=arial" bisa Anda ubah menjadi "font=lucida_grande/segoe_ui/tahoma/trebuchet_ms/verdana", dan "colorscheme=light" juga bisa Anda ubah menjadi "colorscheme=dark".

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda. Mohon untuk tidak berkomentar yang bernada SPAM dan berbau p*rn*.

Cari Artikel

Memuat...

Archives