Cara Mempercepat Loading Form Komentar

Selain mengandung banyak error dan tidak valid HTML, sebenarnya form komentar default blogger juga mempunyai permasalahan lain. Terdapat "keanehan" dalam cara penulisan kode pemanggilan iframe form tersebut. Kenapa dibilang aneh? Karena pemanggilan iframenya dibuat terpisah menjadi dua bagian.
Kode src yang biasanya digunakan untuk memanggil data external, entah kenapa dibuat terpisah dengan tautan link menuju halaman form komentar yang asli di Blogger.

Dan ini membuat loading form komentar menjadi lambat. Efeknya mungkin tidak akan terlihat ketika pengunjung membaca isi artikel blog Anda sampai habis terlebih dahulu. Why? Karena saat pengunjung selesai membaca artikel, form komentar memang sudah berhasil diloading dengan sempurna. Tapi, kalau kita bandingkan lama loading form komentar dengan widget-widget lainnya, dijamin pasti akan terlihat seberapa lambatnya iframe tersebut.

Seringkali, elemen sidebar lebih duluan tampil dibanding form komentar. Hal ini tentu saja membingungkan karena seharusnya form komentar adalah elemen yang tampil pertama kali setelah konten artikel sesuai dengan letak kodenya yang berada persis dibawah kode artikel utama blog. Baru setelah itu kode sidebar dan footer.

Dan kalau blog Anda mengalami masalah yang persis seperti pembahasan sebelumnya, berikut ini ada cara untuk memperbaiki "keanehan" form komentar tersebut.

1. Masuk ke menu Edit HTML blog Anda, kemudian berikan tanda centang pada kolom Expand Widget Template. (Jangan lupa untuk membackup blog terlebih dahulu, untuk berjaga-jaga dari kesalahan waktu meng-edit kodenya)

2. Carilah kode seperti di bawah ini pada template Anda:

<a expr:href='data:post.commentFormIframeSrc' id='comment-editor-src'/>
<iframe allowtransparency='true' class='blogger-iframe-colorize blogger-comment-from-post' frameborder='0' height='410' id='comment-editor' name='comment-editor' src='' width='100%'/>


3. Perhatikan kode diatas. Kode data:post.commentFormIframeSrc dan src'' yang seharusnya bisa ditulis bersamaan, malah dibuat terpisah, dengan target src iframe yang dibiarkan kosong.

Dan karena browser biasanya cenderung lambat dalam merespon kode src yang null alias kosong, maka kita harus mengganti struktur penulisannya menjadi lebih benar. Bagaimana caranya?

--> Pindahkan kode data:post.commentFormIframeSrc kedalam target src'' yang kosong, seperti ini:

<a expr:href='data:post.commentFormIframeSrc' id='comment-editor-src'/>
<iframe allowtransparency='true' class='blogger-iframe-colorize blogger-comment-from-post' frameborder='0' height='410' id='comment-editor' name='comment-editor' src='data:post.commentFormIframeSrc' width='100%'/>


4. Save template, dan cek kinerja form komentar Anda sekarang.

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda. Mohon untuk tidak berkomentar yang bernada SPAM dan berbau p*rn*.

Cari Artikel

Memuat...

Archives