Cara Menganalisa Pengunjung Blog Anda

0

Bagi sebagian pemilik blog, mungkin ingin mengetahui data-data dari para pengunjung blognya. Hal tersebut diperuntukkan dengan adanya bermacam-macam pernak-pernik yang ada di blognya, seperti misalnya "Hit Counter", "Site Track Meter", "Alat pendeteksi jumlah pengunjung", dan lain-lain.

Ada sebuah layanan gratis dari Google, namanya "Google Analytics". Bagi yang sering menjelajah di dunia maya, mungkin tahu apa itu Google Analytics? Tapi bagi yang masih awam pasti belum tahu atau tahu tapi sedikit. Nah, disini akan coba saya terangkan tentang Google Analytics. Simaklah dengan cermat penjelasan berikut ini:

Google Analytics berbeda dengan Hit Counter, Hit Counter biasanya hanya menghitung jumlah pengunjung yang datang untuk berkunjung. Sedangkan Google Analytics tidak hanya menghitung jumlah para pengunjung tapi juga data-data yang lainnya, misalnya tentang: * Berapa pengunjung yang datang tiap harinya?
* Berapa lama mereka berada di blog Anda?
* Browser apa yang mereka gunakan?
* Dengan cara apa mereka datang?
* Dari negara mana mereka datang?
* Dari kota mana?

Kalau ingin mendaftar di Google Analytics

Tapi syaratnya Anda harus punya account di Google. Silahkan Anda mendaftar dahulu di Google Kalau sudah daftar nanti Anda tinggal mengisi form yang diberikan, tapi santai saja cara mengisinya mudah diantaranya yaitu mengisi alamat web blog Anda, terus jangan lupa atur "Time Zone". Terus setelah itu Anda nanti akan dikasih kode/script sama Google. Selesai. Dan masih ada lagi?
Setelah itu salin kode/script tersebut, terus login ke Blogger Klik Template -->> Edit HTML. Paste kode/script yang sudah disalin ke dalam tag HTML yaitu sebelum tag </body> jangan lupa disimpan. Selesai!

Kembali lagi ke Google Analytics, Anda harus mengklik Check Status dulu. Kalau sudah berhasil maka akan ada tandanya, kalau belum silahkan dicoba lagi.
Datanya baru akan muncul satu hari kemudian, jadi ini bukan seperti Hit Counter yang datanya akan langsung berubah tiap detik tapi data-data Google Analytics ini akan muncul tiap ganti hari.

Selamat mencoba!
Author Image

About Ahmad Habibullah
Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design