Cara Mengganti Template Blog

Blog adalah ibarat rumah dan tentunya Anda ingin blog tersebut tampil menjadi lebih cantik dan indah. Banyak cara yang dilakukan untuk membuat blog menjadi lebih cantik, diantaranya dengan menambah aksesoris dan juga dengan mengganti tampilan/template blog.
Jika mengganti template dengan template yang sudah disediakan Blogger maka itu adalah cara yang paling mudah, tinggal pilih simpan langsung jadi. Namun template yang disediakan sangat sedikit dan tampilannya juga standar, sehingga seringkali mencari template lain yang lebih cantik, karena sekarang banyak sekali situs-situs yang menyediakannya dengan gratis.

Namun jika mengganti template dengan template lain yang disediakan oleh selain Blogger, maka itu tidaklah semudah sebagaimana dengan menggunakan template yang disediakan oleh Blogger, karena ada beberapa efek sampingnya, diantaranya yaitu Anda akan kehilangan elemen-elemen Anda atau malah blog Anda menjadi rusak. Nah, berikut ini akan jelaskan hal-hal apa saja yang harus diperhatikan jika Anda ingin ganti template pihak ketiga.

Pertama, Anda harus membackup dulu template Anda jika template baru Anda tidak berhasil di install, caranya masuk ke menu "Rancangan", "Edit HTML", terus klik link bertuliskan "Download Full Template", simpan file tersebut.

Kedua, Anda dapat mem-backup dengan cara kedua, yaitu masuk ke menu Perancang, Edit HTML, centang Expand Template Widget, salin semua tag htmlnya. Tempel semua kodenya ke akun Gmail Anda dengan cara, masuk ke Gmail, klik tulis surat, tempel kodenya di kotak pesan kosong, lalu simpan. Nah, jika Anda gagal mengganti template, kode yang tadi disimpan di Gmail bisa Anda pindahkan kembali ke html template blog.

Ketiga, jika template dan elemen-elemen sudah Anda backup langkah selanjutnya yaitu meng-upload template yang sudah Anda download. Biasanya file template yang di download berekstensi "xml" tapi kadang-kadang ada juga yang berekstensi "zip" atau "rar", kalau begitu Anda harus mengekstraknya dulu sehingga Anda akan mendapat file berekstensi "xml". Terus begini cara upload-nya, Kembali ke menu "Edit HTML", terus disana ada tombol "browse" klik tombol tersebut terus cari file template yang ingin Anda pakai yang sebelumnya telah Anda download, terus klik tombol "upload". Atau alternatif lain, yaitu download template baru, lalu muncul jendela baru, open, klik foldernya, cari file xml nya, lalu klik. Setelah diklik, file xmlnya akan muncul di tab baru browser, klik view source di menu browser. Setelah tampil jendela baru yang isinya kode html template baru tersebut, Anda salin semua kode tersebut, lalu tempel ke html template blog Anda. Tapi sebelum dipindahkan kode tadi, Anda hapus terlebih dahulu semua tag html yang lama hingga kosong, setelah itu Anda dapat memindahkan kode html barunya, lalu simpan.

Keempat, setelah template baru berhasil di upload/simpan biasanya Anda akan mendapat konfirmasi apakah elemen-elemen Anda ingin dihapus atau dipertahankan? Klik tombol "Pertahankan widget", "Simpan". Selanjutnya Anda dapat mengatur kembali elemen-elemen bawaan dari template baru/lama mau Anda buang/simpan. Periksa judul-judul elemen dengan isi konten elemen, kadang-kadang sering tidak sesuai. Misal, judul elemen "Pengikut", tapi isi elemen tersebut adalah script dari "Artikel Terbaru". Atur ulang kembali konten elemen agar sesuai dengan judulnya.

Selamat mencoba.

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda. Mohon untuk tidak berkomentar yang bernada SPAM dan berbau p*rn*.

Cari Artikel

Memuat...

Archives