Istilah Yang Banyak Digunakan Dalam Bahasa Blog

Seharusnya artikel ini diposting pertama kali sebelum postingan lainnya. Sebelum membuat blog, seharusnya Anda mengetahui istilah atau bahasa yang lazim digunakan dalam dunia blog tersebut.

Ada juga yang masih asing dengan beberapa istilah maka dari itu perkenankan Blog ini untuk memposting tentang hal tersebut minimal sebagai pengetahuan Anda.

Istilah atau bahasa yang sering atau lazim digunakan dalam blog adalah seperti di bawah ini.

BLOG

Kependekan dari Weblog, sebuah website yang berisi materi berupa tulisan, link, atau photo yang dikirim oleh individu atau komunitas tertentu karena blog dibuat untuk memenuhi kebutuhan pribadi atau komunitas tertentu.

TO BLOG

Adalah menjalankan atau mengirimkan materi atau isi blog.

BLOGGER

Seseorang atau komunitas yang menjalankan sebuah blog

BLOGOSPHERE

Kumpulan banyak blog, atau komunitas untuk melakukan kegiatan blogging.

BLOGROLL

Daftar eksternal link yang terdapat dalam sebuah blog, atau link yang menuju blog lainnya. Blogroll seringkali terdiri atas sejumlah “subkomunitas” blogger yang saling terikat dalam hubungan pertemanan.

BLOGWARE

Software yang digunakan untuk menjalankan sebuah blog.

CONTENT SYNDICATION

Pembuat atau administrator blog menjadikan sebagian atau semua isi blog agar otomatis terkirim ke website lainnya.

MOBLOG

Kepanjangan dari Mobile Blog, yaitu sebuah blog yang dapat diupdate dari jarak jauh oleh pemiliknya di mana pun berada dapat menggunakan ponsel atau PDA (Personal Digital Asssitant) via email.

PERMALINK

Merupakan kepanjangan dari PERMANENT LINK, yaitu alamat web setiap item yang dikirim dalam sebuah blog atau bisa dikatakan setiap posting adalah permalink.

PHOTOBLOG

Sebuah blog yang sebagian besar terdiri dari atas photo yang dikirimkan secara konstan dan teratur oleh pemiliknya.

PODCASTING

Merupakan kepanjangan dari IPOD dan BROADCASTING, yaitu pengiriman audio dan video ke dalam sebuah blog dan RSS feed untuk pemutar musik digital.

POST

Item yang dikrimkan ke dalam sebuah blog yang dapat berupa pesan atau berita, link, atau photo, juga bisa item-item pendek termasuk link eksternal yang dapat dikomentari oleh pengunjung.

RSS (REALLY SIMPLE SYNDICATION)

Cara agar item terakhir dapat dikirimkan secara otomatis dalam website terutama untuk blog favorit. RSS akan memperingatkan pengguna bahwa blog favoritnya sudah diupdate. RSS memungkinkan pula adanya sindikasi konten yang memungkinkan website lain secara mudah dan otomatis mereproduksi semua atau sebagian konten yang ada.

RSS AGGREGAGTOR

Software atau layanan online yang memungkinkan seorang blogger untuk membaca RSS FEED. RSS AGGREGATOR digunakan untuk membaca dan menampilkan konten ketika sebuah blog telah diupdate.

RSS FEED

File yang terdiri atas kiriman terakhir sebuah blog. RSS FEED dibaca dengan menggunakan RSS AGGREGATOR atau reader dan ditampilkan sesaat setelah sebuah blog diupdate.

WEB DIARY

Sebuah blog adalah sebuah web diary itu sendiri.

WIKI

Berasal dari bahasa HAWAI, “wikiwiki” yang berarti cepat. Dalam arti luas, berarti sebuah website yang dapat diupdate dengan mudah dan cepat oleh pengunjungnya. Kata wiki dapat pula diartikan sebagai alat yang digunakan untuk membuat wiki (mesin atau engine wiki). Wiki mempunyai beberapa kesamaan dengan blog namun keduanya berbeda.

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda. Mohon untuk tidak berkomentar yang bernada SPAM dan berbau p*rn*.

Cari Artikel

Memuat...

Archives