Kerugian Mengganti Template

Kerugian Mengganti Template Blog – Template blog merupakan salah satu unsur yang menentukan kualitas blog. Semakin baik dan terlihat profesional template sebuah blog maka kualitas blog tersebut akan semakin baik, begitu juga sebaliknya. Untuk mengetahui bagaimana sebenarnya template blog yang profesional, silakan baca kembali artikel tentang tips agar blog tampak lebih profesional.


Jika blog diibaratkan sebagai tubuh, template blog merupakan wajah dari tubuh seseorang tersebut. Sehingga, semakin profesional template sebuah blog maka semakin cantik dan tampan pula wajah dari seseorang tersebut. Meskipun template blog bukan merupakan unsur yang paling menentukan kualitas blog, tetapi banyak di antara kita yang terobsesi untuk memiliki template blog yang selalu bagus dan profesional dari waktu ke waktu.

Akibatnya, kita cenderung berkeinginan untuk mengganti template blog kita dengan template terbaru yang menurut kita bagus untuk memancing pembaca agar betah untuk berkunjung. Hal ini merupakan tindakan yang salah dan harus kita hindari karena terlalu sering mengganti template blog justru akan merugikan kita dan juga blog milik kita.

Beberapa kerugian mengganti template blog yang perlu untuk kita ketahui mulai sekarang antara lain sebagai berikut:

1. Blog dibanned Google.

Aktifitas mengganti template blogspot yang terlalu sering bisa mengancam eksistensi dari blog yang kita miliki. Hal ini dikarenakan blog yang terlalu sering diganti templatenya berpotensi untuk dibanned oleh Google. Alasan yang menyebabkan munculnya akibat ini juga kurang begitu jelas. Kita dapat menjadikan SPAM sebagai alasan yang membuat Google merasa curiga hingga akhirnya membanned blog milik kita.

2. Kehilangan pernak-pernik blog.

Jika kita sudah menggunakan template blog dalam waktu yang lama, tentu kita sudah memiliki banyak pernak-pernik yang terpasang dalam blog kita. Kita memang dapat mempertahankan pernak-pernik blog yang terpasang dalam elemen laman. Akan tetapi, kita akan lupa atau merasa kesulitan jika harus memindahkan pernak-pernik blog yang terpasang dalam HTML template blog kita seperti verifikasi meta tag untuk daftar blog di Google, daftar blog di Bing, dsb.

3. memiliki branding.

Template blog dapat kita jadikan sebagai branding dari blog milik kita sendiri. Setiap orang akan mudah mengenali blog kita dengan hanya menghafal bentuk templatenya saja. Selain itu, template blog juga menggambarkan identitas serta karakter dari blog yang kita miliki. Jika kita terlalu sering mengganti template blog, banyak pembaca dan pengunjung setia kita tidak dapat mengidentifikasikan dan mengingat seperti apa bentuk tetap dari blog yang kita miliki.

4. Ketidaksesuaian dengan tema blog.

Alasan kita mengganti template blog karena mengikuti tren template terbaru yang menurut kita bagus untuk dimiliki. Dengan demikian, kita akan selalu berhasrat untuk mengganti template lama blog kita dengan template terbaru tanpa mempertimbangkan kesesuaian template blog tersebut dengan tema atau konsep blog yang kita miliki.

Misalnya kita memiliki blog yang bersifat personal, tetapi kita menggunakan template blog yang bersifat berita pada blog personal kita tersebut. Hal ini memang jarang kita sadari, sehingga banyak di antara kita yang melakukan kesalahan tersebut. Template haruslah mendukung kekuatan konsep atau tema dari blog yang kita miliki, bukan sebaliknya.

Template blog merupakan salah satu unsur penting dalam menciptakan blog yang berkualitas. Karena dengan template yang bagus dan nyaman dilihat akan membuat pembaca semakin betah berkunjung ke blog kita. Akan tetapi, kita jangan sampai selalu berkutat dalam masalah template ketika melakukan aktifitas blogging.

Jangan terlalu banyak dan terlalu sering mengganti template blog karena resikonya. Tetapkan satu konsep yang jelas dari blog kita dan carilah template yang benar-benar bagus dan mendukung konsep blog kita tersebut. Setelah itu, pertahankan bentuk template tersebut dengan melakukan modifikasi seperlunya dan hindari untuk menggantinya.

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda. Mohon untuk tidak berkomentar yang bernada SPAM dan berbau p*rn*.

Cari Artikel

Memuat...

Archives