10 Fitur Baru pada Android Ice Cream Sandwich

Sepuluh Alasan Mengapa Harus Melakukan Upgrade Android ke Android 
4.0 Ice Cream SandwichAndroid merupakan sistem operasi terbaru yang saat ini sedang naik daun apalagi dengan ditambah kemunculan Ice Cream Sandwich di pasar tanah air maupun di pasar global menambah popularitas sistem operasi satu ini. Seakan akan pesaing berat dari sistem operasi iOS ini ingin menggeser posisi iOS di pasar smartphone secara global. Hal ini bisa dilihat dari banyakanya ponsel yang mengusung sistem operasi ini dari ponsel kalangan low-end hingga high-end, dan selalu membawa perubahan perubahan terbaru untuk dalam sistem operasinya yang telah mengalami update. Dan salah satu yang ditunggu oleh para pengguna sistem operasi android adalah kehadiran Ice Cream Sandwich yang konon membawa beberapa tampilan yang berbeda dengan Android sebelumnya. Meskipun membawa tampilan baru, namun sistem operasi ini tetap mempertahankan sifat fleksibilitas dari sistem operasinya.
Pada tulisan kali ini, Paseban akan membahas tentang sepuluh alasan mengapa para pengguna Android harus melakukan upgrade ke Ice Cream Sandwich dengan mengesampingkan kekurangannya, karena setiap sistem operasi memang memiliki kelemahan masing masing. Berikut ke sepuluh alasan tersebut:
  1. Font
    Alasan pertama mengapa harus hijrah menuju ke sistem operasi Ice Cream Sandwich adalah karena sistem operasi ini memiliki tampilan font yang baru dan lebih halus dari font sebelumnya, font ini diberi nama Roboto. Font ini didesain khusus untuk layar yang memiliki resolusi tinggi dan memberikan Anda pengalaman yang berbeda ketika membaca e-book atau majalah digital.
  2. Pembersihan Notifikasi
    Fitur yang terdapat pada Ice Cream Sandwich ini berfungsi untuk melihat notifikasi pada ponsel Anda hanya dengan menarik layar kebawah menggunakan jari Anda. Fitur ini sama dengan fitur yang terdapat pada iOS. Para pengguna akan dimudahkan untuk memberhentikan notifikasi pada ponselnya hanya dengan menggeser layar daripada harus menghapus semuanya sekaligus.
  3. Merespon Panggilang Dengan Teks
    Salah satu fitur terbaru yang disediakan oleh Ice Cream Sandwich adalah memungkinkannya pengguna untuk menanggapi panggilan dengan menggunakan voice assistant. Perangkat lunak ini membuat Anda mudah mengabaikan panggilan masuk tanpa harus Anda bersikap kasar dengan tiba tiba memutuskan panggilan –misalnya pada saat Anda sedang rapat, voice assistant ini akan menawarkan daftar menu teks yang bisa Anda gunakan, seperti ‘tidak bisa bicara sekarang’, ‘ada apa’ atau ‘aku akan meneleponmu kembali’. Pengguna juga dapat menggunakan pesan kustom yang dibuatnya sendiri.
  4. Android Beam
    Fitur pada Ice Cream Sandwich ini didasarkan pada teknologi Near Field Communication (NFC) dan itu memungkinkan dua smartphone Anda untuk bertukar halaman web, kontak, media dan aplikasi secara aman. Hal ini didasarkan pada teknologi Push NDEF.
  5. Web Browser
    Ice Cream Sandwich tidak hanya mendukung mobile web browser yang cepat dan mampu membuka hingga 16 tab halaman baru, namun juga mobile web browser ini mampu melakukan sinkronisasi langsung melalui laptop atau desktop Anda bahkan bisa menyimpan halaman website secara offline. Bahkan mobile web browser ini juga telah support oleh Flash Player 11.1 yang telah rilis pada bulan Desember lalu.
  6. Kamera yang Ditingkatkan
    Tidak hanya kemampuan sistemnya saja yang diperbaharui pada Ice Cream Sandwich, namun kamera pada sistem operasi Ice Cream Sandwich juga diperbaharui dengan beberapa pengaturan kamera yang baru, serta kamera pada sistem operasi ini juga memberikan efek 3-D kepada para pengguna.
  7. Face Unlock
    Revolusi keamanan dasar pada Ice Cream Sandwich juga telah diperbaharui. Penguncian handset pun pada OS ini telah digantikan dengan Face Unlock yang mengharuskan Anda menghadapkan wajah Anda ke handset Anda untuk membuka handset Anda tersebut. Hal ini sangat membantu mengamankan ponsel Anda menjadi benar benar perangkat yang bersifat pribadi.
  8. System Bar
    Ice Cream Sandwich memilih mengganti tombol fisik dengan menggunakan sistem bar yang menggantikan tombol Back, Home, Menu dan Search pada tombol fisik yang terlihat pada ponsel ponsel yang masih mengusung sistem android yang lalu. Penempatan tombol virtual ini berada tepat di bawah.
  9. Multitasking yang Lebih Baik Ketimbang iOS
    Ice Cream Sandwich pun menanamkan multitasking yang lebih unggul ketimbang iOS. Jika dalam iOS Anda harus menekan tombol home yang terlihat ringkih untuk ditekan tersebut sebanyak dua kali untuk mengetahui aplikasi mana yang masih berjalan dan menutupunya, maka berbeda dengan Ice Cream Sandwich yang menawarkan tab Recent Tab untuk mengetahui aplikasi yang berjalan di latar, dan Anda tinggal tekan dan tahan ikon aplikasi tersebut untuk menutup aplikasi itu.
  10. People Apps, Aplikasi Baru yang Memberikan Tampilan Baru Pada Kontak
    Ice Cream Sandwich pun memberikan aplikasi baru pada sistemnya, yang bernama People Apps, aplikasi ini memberikan tampilan baru pada kontak Anda yang juga mengintegrasikan ke jejaring sosial masing masing, bahkan Anda bisa menambahkan langsung ke lingkaran Google+ Anda hanya melalui kontak orang tersebut.
Demikian tadi ulasan tentang alasan mengapa harus pindah menuju ke sistem operasi Android Ice Cream Sandwich. Semoga informasi yang Paseban berikan bermanfaat.

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda. Mohon untuk tidak berkomentar yang bernada SPAM dan berbau p*rn*.

Cari Artikel

Memuat...

Archives