Cara Memodifikasi Tulisan Jumlah Komentar

Cara Memodifikasi Tulisan Jumlah Komentar - Biasanya pada bagian atas kolom komentar terdapat tulisan yang menunjukkan ada berapa banyak jumlah komentar yang ada di bawahnya. Tulisan yang saya maksud adalah seperti yang terlihat pada screenshot di bawah ini. Screenshot ini diambil dari blog yang menggunakan template "Mudah" dari Blogger.
Cara Memodifikasi Tulisan Jumlah Komentar
Tulisan jumlah komentar.
Tulisan tersebut dapat diganti sesuai dengan keinginan kita agar tampak lebih menarik. Misalnya saja, tulisan itu diganti dengan kalimat: Ada 3 komentar untuk "Link Judul Artikel". Selain itu, kita dapat pula menambahkan kalimat berikutnya yang mengandung link atau tautan untuk menuju langsung ke formulir komentar. Saat jumlah komentar telah banyak pada artikel tertentu,  hal ini dapat memudahkan pengunjung yang ingin memberi komentar baru karena tak perlu repot-repot lagi menggulung layar untuk menemukan form komentar yang terletak di bawah komentar terakhir.
Berikut langkah-langkah untuk memodifikasi tulisan jumlah komentar serta menambahkan link menuju form komentar. Selamat menyimak.
1. Masuk ke akun Blogger.
2. Klik menu "Template" melalui "Opsi lainnya" (simbol segitiga hitam) pada Dasbor baru Blogger.
3. Untuk membuat salinan template, klik tombol "Cadangkan / Pulihkan" lalu klik Tombol "Unduh template lengkap". Hal ini berguna untuk memudahkan kita mengembalikan template ke keadaan sebelum pengeditan jika terjadi kesalahan dalam mengedit template. Bila sudah, klik tombol "Tutup".
4. Klik tombol "Edit HTML" pada bagian "Langsung di Blog" lalu klik tombol "Lanjutkan".
5. Beri tanda centang pada "Expand Template Widget".
6. Carilah kode yang mirip dengan kode di bawah ini. Kode pada masing-masing template dapat saja sedikit berbeda.
<h4>
      <b:if cond='data:post.numComments == 1'>
        1 <data:commentLabel/>:
      <b:else/>
        <data:post.numComments/> <data:commentLabelPlural/>:
      </b:if>
    </h4>

Untuk menemukan kode dengan cepat, gunakan fitur pencarian teks pada browser. Misalnya, pada Mozilla Firefox, tekan tombol Ctrl+F di keyboard atau pada Google Chrome tekan tombol F3, lalu masukan penggalan kode yang akan dicari sebagai kata kunci utamanya.
7.  Hapus kode tersebut dan ganti dengan kode di bawah ini.

<h4>
      <b:if cond='data:post.numComments == 1'>
        Ada 1 komentar untuk &quot;<a expr:href='data:post.url'><data:blog.pageName/></a>&quot;. Baca komentar tersebut di bawah ini atau <a href='#comment-form' rel='nofollow'>poskan komentar</a>.
      <b:else/>
       Ada <data:post.numComments/> komentar untuk &quot;<a expr:href='data:post.url'><data:blog.pageName/></a>&quot;. Baca komentar-komentar tersebut di bawah ini atau <a href='#comment-form' rel='nofollow'>poskan komentar</a>.
      </b:if>
    </h4>

8. Selanjutnya klik tombol "Simpan template".
9. Jika berhasil, hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.
Tulisan Jumlah Komentar Hasil Modifikasi
Tulisan jumlah komentar yang sudah dimodifikasi.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda. Mohon untuk tidak berkomentar yang bernada SPAM dan berbau p*rn*.

Cari Artikel

Memuat...

Archives