Doa Niat Puasa Ramadhan

Doa Niat Puasa Ramadhan
Doa Niat Puasa Ramadhan – Bulan Ramdhan akan segera datang, bulan penuh rahmat, hidayah dan segala perbuatan baik kita akan digandakan di bulan ini. Setelah 11 bulan kita melampaui banyak kegiatan, dibulan Ramadhan ini sejenak kita lebih mengenal dengan dekat lagi Yang Maha Kuasa. Nah tentunya akan banyak persiapan menyambut datangnya bulan puasa, salah satunya adalah doa niat puasa bulan ramadhan. Berikut ada doa niat puasa Ramdhan:
  • Niat Puasa Ramadhan yang dibaca sekali dalam satu bulan ketika malam pertama tarawih :
Niat puasa yang dibaca sebulan sekali
Dibaca   : Nawaitu shauma sahri ramadhana Kullihi Lillahi ta’ala.
Artinya : Sengaja aku berpuasa sebulan pada bulan Ramadan tahun ini kerana Allah Taala
  • Niat Puasa Ramadhan yang dibaca setiap malam :
niat_harian_puasa
Dibaca   : Nawaitu shauma gadhin ‘an ada-i fardhi sayahri ramadhani hadzihis-sanati  lillahi ta’ala.
Artinya : Aku berniat puasa esok hari untuk melaksanakan kewajiban bulan ramadhan tahun ini kerana Allah Taala.
  • Do’a Berbuka Puasa Ramadhan :
doa buka puasa
Dibaca   : Allahuma laka shumtu wabika amantu wa ‘ala rizqika aftartu birahmatika ya arhama rohimin.
Artinya : Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rizki-Mu aku berbuka, Maha besar Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang.
Pada dasarnya waktu niat bulan Ramdhan seperti yang diriwayatkan oleh sanad yang shahih dari Ibnu Umar dan Hafshah -radhiallahu anhuma- bahwa keduanya berkata:
“Barangsiapa yang tidak memalamkan niatnya sebelum terbitnya fajar maka tidak ada puasa baginya.” (HR. Abu Daud no. 2454, At-Tirmizi no. 730, An-Nasai (4/196), dan Ibnu Majah no. 1700)
Didalam hadit tersebut menyebutkan bahwa sejumlah ulama mempunyai hukum marfu’, yakni dihukumi kalau Nabi yang mengucapkannya. Karena isinya merupakan sesuatu yang bukan berasal dari ijtihad dan pendapat pribadi. Hadits ini jelas bahwa waktu niat adalah sepanjang malam sampai terbitnya fajar. Hadits ini juga menunjukkan bahwa wajibnya berniat dari malam hari dan tidak syahnya puasa orang yang berniat setelah terbitnya fajar. Ini adalah pendapat mayoritas Al-Malikiah, Asy-Syafi’iyah. dan Al-Hanabilah. Dan ini yang dikuatkan oleh Ibnu Qudamah, An-Nawawi, Ibnu Taimiah, Ash-Shan’ani dan Asy-Syaukani.
Catatan:
Kecuali kalau dia baru mendengar kabar hilal ramadhan di pagi hari, maka ketika itu hendaknya dia berpuasa dan puasanya syah, karena tidak mungkin bagi dia untuk kembali berniat di malam hari. [Al-Mughni: 3/7, Al-Majmu’: 6/289-290, An-Nail: 4/196, dan Al-Muhalla no. 728]
Semoga doa niat puasa Ramdhan diatas bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya atau mungkin bahkan Anda lupa akan niat puasa Ramdhan dapat membaca doa niat puasa ramdhan diatas. Anda juga dapat melihat Jadwal puasa Ramadhan 1433H Imsak dan Buka puasa 2012 dan Rukun dan Syarat Wajib Puasa Bagi Umat Islam

Artikel Terkait



2 komentar:

obyektif-magazine mengatakan...

Salam kenal gan, apa kabarnya? Tak terasa kurang hitungan hari kita masuk bulan Ramadhan tahun 2012. Semoga puasa kita berjalan lancar sebulan penuh dan bisa menang untuk merayakan Idul Fitri nanti. Terima kasih artikelnya di atas, saya tunggu kunjungan baliknya di: OBYEKTIF.COM

Salam kompak:
Obyektif Cyber Magazine
(obyektif.com)

Ahmad Habibullah, S.Pd. mengatakan...

ya.. lam kenal juga..
Marhaban ya ramadhan.. bulan yg penuh maghfiroh..
terima kasih atas kunjungannya..
ya insya Alloh akan saya kunjungi blog agan..

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda. Mohon untuk tidak berkomentar yang bernada SPAM dan berbau p*rn*.

Cari Artikel

Memuat...

Archives