Guru Daerah Perbatasan Ikuti TEQIP

Guru Daerah Perbatasan Ikuti TEQIPGuru Daerah Perbatasan Ikuti TEQIP  - Jakarta – Guru sekolah dasar di daerah perbatasan menjadi peserta Teachers Quality Improvement Program (TEQIP) ke-3, yaitu salah satu program peningkatan kualitas guru. Tahun 2012 ini TEQIP mengambil tema “Pemberdayaan Guru Daerah Perbatasan melalui Pembelajaran Bermakna dengan Lesson Study”. Pelaksanaan TEQIP ke-3 resmi dibuka Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang pendidikan Musliar Kasim, di Graha Utama Kemdikbud, Jakarta, (16/7).
Wamendikbud mengatakan, TEQIP sesuai dengan misi Kemdikbud, yaitu terkait aksesibilitas atau keterjangkauan, selanjutnya  kualitas. “Untuk sekolah dasar, aksesibilitasnya sudah 97-persen. Ini berarti dari 100 anak usia sekolah, 97 di antaranya bersekolah,” ujar Musliar saat pembukaan TEQIP ke-3. Selain itu, Kemdikbud juga berkomitmen akan terus melakukan uji kompetensi guru untuk memperbaiki kualitas guru.
Guru-guru peserta TEQIP ke-3 berasal dari tiga provinsi, yaitu Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Utara. Hingga akhir tahun 2011, Kelompok Kerja Guru (KKG) yang sudah melaksanakan kegiatan TEQIP sebanyak 140 gugus, sekolah yang sudah terimbas kegiatan TEQIP sebanyak 1.037 sekolah, dan guru yang sudah  mengikuti kegiatan TEQIP sebanyak 9.775 orang.
TEQIP merupakan program peningkatan kualitas guru melalui pembelajaran yang terintegrasi di sekolah. Kegiatan ini dilakukan dengan sistem Training of Trainer (TOT). Produk akhir dari TEQIP adalah guru mampu memberikan pelajaran kepada siswa secara kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Selain itu diharapkan guru juga bisa melakukan penelitian tindakan kelas, dan guru bisa menyusun karya ilmiah yang diwujudkan dalam bentuk karya ilmiah.
Program TEQIP merupakan kerja sama antara PT Pertamina (Persero), Universitas Negeri Malang, dan Kemdikbud. Hadir dalam acara pembukaan ini, Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko, Muhammad Afdal Bahaudin, dan Rektor Universitas Negeri Malang, Prof. Soeparno. Acara juga dimeriahkan dengan penampilan paduan suara mahasiswa Universitas Padjadjaran yang membawakan lagu Hymne Guru dan beberapa lagu daerah. (DM)

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda. Mohon untuk tidak berkomentar yang bernada SPAM dan berbau p*rn*.

Cari Artikel

Memuat...

Archives