Pengertian Prinsip 4R



Pengertian Prinsip 4R
Prinsip 4R
Pengertian Prinsip 4R - Salah satu hal yang dapat kita lakukan di rumah untuk menyelamatkan lingkungan adalah dengan menerapkan prinsip 4R. Apa sajakah yang termasuk prinsip 4R itu? Berikut ulasannya secara singkat.
1. Replace (mengganti)
Mengganti penggunaan produk ke bahan yang ramah lingkungan. Salah satu hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengganti kantong plastik belanjaan dengan tas berbahan kain yang dapat digunakan kembali. Selain itu, tidak menggunakan styrofoam saat membeli makan, namun gunakan tempat makanan yang dapat dicuci.
2. Reduce (mengurangi)
Mengurangi sampah dengan memaksimalkan penggunaan barang. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membeli produk kemasan isi ulang, menggunakan kertas bolak-balik, atau membeli produk dalam kemasan besar sekaligus.
3. Reuse (memakai)
Memanfaatkan barang bekas untuk digunakan kembali. Botol-botol plastik dapat digunakan kembali untuk wadah sesuatu, bekas kaleng dipakai untuk menjadi pot tanaman, dan lain sebagainya.
4. Recycle (daur ulang)
Dibutuhkan kreativitas lebih untuk menerapkan cara ini, bahkan beberapa diantaranya membutuhkan teknologi khusus. Misalnya saja, beberapa plastik isi ulang pembersih lantai dirangkai untuk dijadikan tas dan dompet cantik atau mengolah botol plastik untuk dijadikan biji plastik.

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda. Mohon untuk tidak berkomentar yang bernada SPAM dan berbau p*rn*.

Cari Artikel

Memuat...

Archives