Cara Flash Firmware LG L80 (LG-D380) online maupun offline




Cara Flash Firmware LG L80 (LG-D380) online maupun offlin
LG L80 (LG-D380)

Saya bukanlah Counter hape, Teknisi hape, atau bahkan Service Center, tapi sebagai orang yang punya hape sendiri setidaknya saya tahu seluk beluk hape yang saya pakai ini. Yah seperti yang tergambar disini, saya mempunyai ponsel LG L80 Dual sim yang saya beli melalui salah satu situs belanja Online, meskipun sebenarnya ini bukanlah spec yang saya kehendaki tetapi gara gara iming-iming cicilan 0% sehingga saya terjebak untuk membelinya, merasa sedikit kecewa dengan memori internalnya pada awalnya, tapi akhirnya juga terbiasa dan dapat menerima dan nyaman memakai ponsel ini.
Saya orangnya selalu penasaran dengan hal-hal seperti ini, maka saya ajak semua pemilik LG L80, Counter hape, Teknisi Hape, Service Center, atau siapapun yang peduli dan tertarik dengan ini untuk mengenal LG L80 lebih dekat seperti kedekatan saya dengan salah satu ponsel yang saya miliki ini. Untuk kali ini mungkin baiknya lebih dahulu mengetahui cara flash ponsel secara mandiri, agar nanti jika terjadi sesuatu saat kita utak atik, maka tinggal flash dan ponsel anda akan kembali seperti setingan seperti saat ponsel baru dibeli.
Dengan memflash ponsel maka data-data yang ada di dalam ponsel akan hilang seluruhnya. bahkan ponsel yang terpassword-pun tidak akan bisa lolos jika di flash, maka semuanya akan kembali seperti settingan pabrik. Jadi sangat disarankan untuk memback-Up data-data penting yang ada di dalam ponsel terlebih dahulu sebelum melakukan flashing.
Tapi jika tips trik ini disalah gunakan oleh maling hape maka akan sangat merugikan kita pemilik ponsel LG L80, karena dengan di flashing oleh maling maka password kita akan ikut ter-reset dan ponsel, data kita akan hilang tanpa jejak atau bekas. karena setelah di flash ponsel tidak akan bisa dengan mudah untuk di lacak lagi, mudah-mudahan hal ini tidak menimpa kita.
Sebelum kita mulai melakukan flash ataupun root terhadap ponsel kesayangan kita ada baiknya kita mengetahui seluk beluk ponsel tersebut terlebih dahulu, antara lain spesifikasi teknis, tombol recovery dan lain-lain.
Berikut ini cara-cara yang akan saya bagikan kepada teman-teman, cara ini saya dapat berdasarkan pengalaman saya saat meng oprek (meng utak atik) ponsel LG-D380 atau yang dikenal di pasaran dengan ponsel LG L80 Dual Sim ini :

Cara Flash Firmware LG L80 (LG-D380) online maupun offlin
Posisi Tombol LG D-380

PERHATIAN !!!

Melakukan flashing dengan ceroboh dapat merusak data dan perangkat anda, segala resikonya ditanggung sendiri. Saya tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan pada perangkat anda.
1. Cara Factory Reset (Hard Reset) (Cara paling gampang dan praktis tapi hasilnya juga kurang memuaskan)
Cara ini memang cara yang paling mudah, akan tetapi biasanya tidak menyelesaikan masalah terutama jika ponsel bermasalah dengan file system. Jadi sebenarnya cara ini sangat tidak saya rekomendasikan
  • Sebelum melakukan ini bila memungkinkan ada baiknya backup seluruh data yang ada di ponsel
  • Carge hingga baterai minimal 50%
  • Ponsel harus posisi mati off, ada baiknya jika dilepas baterai terlebih dahulu, kemudian pasang ulang baterainya
  • Tekan tombol Power Button + Volume Down bersamaan hingga muncul logo LG
  • Saat Logo LG Muncul, Lepas Power Button, tapi jangan lepas tombol Volume Down
  • Kemudian tekan lagi Power button hingga tampilan recovery mode / Factory reset muncul
  • Saat sudah masuk recovery mode / factory reset, lepas semua tombol
Kemudian ikuti petunjuk yang ada di menu ponsel anda. Factory reset untuk prosesnya memerlukan waktu beberapa menit hingga ponsel anda kembali ke setting awal pabrik

Cara Flash Firmware LG L80 (LG-D380) online maupun offlin
Factory Reset (Hard Reset)

2. Cara Masuk Flash Mode (Download Mode) cara ini adalah cara orisinil dan tidak melanggar garansi, cara yang sangat saya rekomendasikan
Pastikan koneksi internet anda lancar dan cepat. kira-kira membutuhkan sekitar 1.5GB (1500MB) data
Sebelumnya saya mau jelaskan dulu cara kerja cara ini. Yaitu data dan firmware yang ada di ponsel akan dihapus total dan di ganti dengan data update terbaru yang di download langsung dari developer LG. Berbeda dengan Factory Reset yang sudah saya paparkan di atas tadi, cara yang kedua ini lebih saya suka karena menurut saya cara ini lebih bersih, ibarat kalau di komputer seperti kita memformat Harddisk dan meng install ulang windows.
Berikut ini cara flash ponsel LG L80 (LG-D380) :
  • Sebelum memulai langkah-langkah dibawah ini charge baterai terlebi dahulu hingga penuh 100%
  • Download dan install driver dan tools nya dulu
  • USB DRIVER Download
  • LG MOBILE SUPPORT TOOL Download
  • Setelah semua Di download dan di install, Matikan Ponsel dan cabut baterai kemudian pasang ulang baterai
  • Jangan dinyalakan ponsel, ponsel dalam keadaan off tekan tombol Volume UP tahan dan sambungkan USB ke komputer, Setelah masuk ke download mode baru lepaskan tombol.
  • Jika Berhasil Ponsel akan menyala dan masuk pada Download Mode
  • (alternatif laindengan syarat ponsel masih bisa ke detec di PC) kalau kesulitan atau gak bisa masuk di download mode dan atau gak mau ribet, biarkan saja ponsel menyala biasa, kemudian connect biasa setelah ke detect di PC baru jalankan LG MOBILE SUPPORT TOOL alternatif ini boleh juga, istilah saya menyebut ini ponsel di flash hidup-hidup
  • Jalankan LG MOBILE SUPPORT TOOL dan ikuti langkah-langkahnya
  • Kemudian firmware akan terdownload dan flash firmware secara langsung ke Ponsel LG L80
Cara Flash Firmware LG L80 (LG-D380) online maupun offlin

Cara Flash Firmware LG L80 (LG-D380) online maupun offlin
Download Mode (Flash Mode)

3. Cara Masuk Flash Mode (Offline Mode) cara yang biasa saya gunakan, akan tetapi butuh skill, anda yang kurang skill akan kesulitan melakukannya karena ini cara yang paling beresiko
Cara ini adalah cara yang saya buat sendiri dan sudah saya coba dengan ponsel LG L80 (LG-D380) Milik saya. Cara ini mirip dengan cara no.2 di atas cuma bedanya  cara ini bisa dilakukan dengan cara offline tanpa membutuhkan koneksi internet, dan satu kali download bisa disimpan filenya untuk digunakan lagi dan tidak perlu bolak-balik download tiap kali ingin flash. Berikut langkah-langkahnya :
  • Sebelum memulai langkah-langkah dibawah ini charge baterai terlebi dahulu hingga penuh 100%
  • Download dan install driver dan tools nya disini
  • USB DRIVER Download
  • LG MOBILE SUPPORT TOOL Download
  • LG FLASH TOOLS 2014 Download atau (Alternatif link)
  • LG L80 (D-380) KDZ Firmware INDONESIA (D38010C_00.kdz) (918 MB)Download
  • Setelah semuanya di download maka install USB DRIVER, LG MOBILE SUPPORT TOOL dan LG FLASH TOOLS 2014
  • Matikan Ponsel dan cabut baterai kemudian pasang ulang baterai
  • Jangan dinyalakan ponsel, ponsel dalam keadaan off tekan tombol Volume UP tahan dan sambungkan USB ke komputer, Setelah masuk ke download mode baru lepaskan tombol
  • Jika Berhasil Ponsel akan menyala dan masuk pada Download Mode
  • Kemudian buka LG FLASH TOOLS 2014, pilih select KDZ file keD38010C_00.kdz
  • Kemudian pada Select Type pilih 3GQCT
  • Kemudian pada Phone Mode pilih EMERGENCY
  • Kemudian Pilih NORMAL FLASH
  • Kemudian Pilih START

Cara Flash Firmware LG L80 (LG-D380) online maupun offlin
Offline Flash Tools LG-D380

ingat, semua tindakan diatas sangat beresiko merusak ponsel anda, segala resikonya anda yang tanggung sendiri, jika anda ceroboh dan mengalami kesulitan atau kegagalan, maka jangan menghubungi atau meminta pertolongan kepada saya, karena saya tidak akan menolong anda, bahkan mungkin saya justru akan menertawakan anda.
Apabila anda merasa terbantu dengan tulisan saya ini, hargailah jasa dan jerih payah saya dengan tidak menduplikat atau  copy paste blog ini

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda. Mohon untuk tidak berkomentar yang bernada SPAM dan berbau p*rn*.

Cari Artikel

Memuat...