UNLOCK BOOTLOADER MI4C

Ponsel generasi terbaru Xiaomi telah menggunakan konsep lock bootloader untuk menambah keamanan pada perangkat ponsel. Namun bagi sebagian pengguna, hal ini sangat merepotkan terlebih bagi yang suka menggunakan custom ROM guna mendapatkan pengalaman ber-android yang lebih baik.
Mi4c merupakan salah satu dari sekian ponsel Xiaomi generasi terbaru yang menerapkan lock bootloader, hal ini tentunya membatasi gerak pengguna Mi4c saat ingin melakukan flash custom ROM. Meskipun kode unlock bootloader bisa didapatkan secara gratis ke Xiaomi, namun permintaan ini membutuhkan 2-3 minggu. Perlu menunggu, menyebalkan.
Di tutorial berikut, adalah cara unlock bootloader Mi4c tanpa perlu menunggu hasil verifikasi dari Xiaomi. Cukup dengan melakukan langkah-langkah berikut di bawah, maka ponsel Xiaomi Mi4c dapat di flash ke custom ROM yang kamu inginkan.

PRASYARAT SEBELUM UNLOCK BOOTLOADER MI4C

Sebelum melakukan proses unlock bootloader di ponsel Mi4c , maka beberapa prasyarat di bawah in perlu dilakukan;
  1. Ponsel Mi4c tentunya
  2. Download file ADB driver untuk Mi4c, silakan download di sini, ekstrak di root direktori C atau D
  3. MiFlash tool terbaru, download di link ini.
  4. Mi4c image, download di sini dan pastikan extrack sampai folder images terlihat. Gunakan tool WinRAR dan 7zip.
  5. MI4c Fastboot image, download di sini, buat jaga-jaga kalo ingin balik ke ROM aslinya
  6. TWRP recovery terbaru, download di sini.
  7. Custom ROM Android Lollipop CyanogenMod 12, download di link ini.
  8. Drivers Qualcomm untuk Mi4c, Download versi 32-bit di sini, untuk versi 64-bit ada di sini.
Setelah prasyarat di atas terpenuhi, kini lanjut ke proses berikutnya yaitu langkah-langkah melakukan unlock bootloader Mi4c tanpa perlu menunggu kode unlock dari Xiaomi.

CARA UNLOCK BOOTLOADER MI4C

Langkah 1 – Install Qualcomm drivers untuk Mi4C, gunakan versi driver yang sesuai dengan versi windows yang kamu gunakan. Pastikan driver terinstall dengan baik di laptop/PC karena ini sangat menentukan keberhasilan proses unlock b
Langkah 2 – Masuk ke mode fastboot, caranya dengan mematikan terlebih dahulu ponsel, lalu dalam kondisi mati, tekan dan tahan tombol Volume down + Tombol power.
Langkah 3 – Hubungkan ponsel Mi4c ke laptop, lalu ketikkan perintah “fastboot devices” untuk memastikan ponsel Mi4C telah terdeteksi di laptop/PC.
UNLOCK BOOTLOADER MI4C
Langkah 4 – Lalu ketikkan perintah “fastboot oem edl”, perintah ini akan membawa ponsel ke kondisi emergency recovery, output dari perintah ini hanya menampilkan layar hitam saja. Lanjutkan ke langkah selanjutnya.
Mi4C-fastboot-oem
Langkah 5 – Gunakan MiFlash tool untuk men-downgrade Mi4C ke versi ROM MIUI 6.1.7, pastikan direktori “images” yang dipilih lalu mulai flash. Gunakan tool WinRAR untuk meng-ekstrak file TGZ tersebut lalu hasil ekstrakan WinRAR diekstrak menggunakan tool 7zip sehingga nanti didapatkan folder “images” saja. Disarankan saat melakukan ekstrak menggunakan 7zip,letakkan direktori hasil ekstrak di root directory seperti di direktori D.
UNLOCK BOOTLOADER MI4C
MiFlash-Mi4C
LAngkah 6 – Reboot ponsel dan ikuti wizard yang ada hingga ponsel benar-benar komplit berjalan di posisi ROM MIUI 6.1.7. Pastikan juga dengan melihat versi ROM yang digunakan melalui menu “Settings” > “About phones”
Langkah 7 – Matikan kembali ponsel Mi4C, lalu dengan menekan tombol Volume Down + Tombol Power untuk masuk ke mode fastboot.
Langkah 8 – Gunakan perintah “fastboot oem unlock” untuk meng-unlock bootloader Mi4C.
UNLOCK BOOTLOADER MI4C
Congratulation!!.
Kini ponsel Mi4C dalam posisi unlock bootloader. Dari kondisi ini bisa dilanjutkan dengan meng-install custom recovery yaitu TWRP recovery. Gunakan perintah “fastboot flash recovery twrp.img” dengan sebelumnya copy-kan file image TWRP yang telah di download dari link di atas ke folder dimana folder ADB berada.
Sebagai catatan saat instalasi TWRP recovery ke Mi4C, jangan biarkan ponsel booting ke stock ROM MIUI karena ponsel akan memaksa untuk melakukan install ulang stock Mi recovery, hal ini tentunya akan men-overwrite TWRP recovery yang sebelumnya diinstall. Untuk itu sesaat setelah TWRP recovery terinstall, langsung saja install custom ROM yang diinginkan melalui TWRP recovery. Untuk itu jangan lupa mendownload custom ROM CM12 di link di atas, lalu copykan ke ponsel Mi4C.

Artikel Terkait



1 komentar:

Moch. A Gunarsa mengatakan...

ko malah matot ?

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda. Mohon untuk tidak berkomentar yang bernada SPAM dan berbau p*rn*.

Cari Artikel

Memuat...