MEDIA PEMBELAJARAN DAN KURIKULUM 2013
Pengantar Diklat PENGEMBANGAN KREATIFITAS DAN IMAJINASI PESERTA DIDIK MELALUI MULTI MEDIA Oleh Kank Hari Santoso .Konsultan TIK Pendidikan Karakter dan MSDM .
acaraWorkshop Penulisan naskah.
Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. sumber;Salinan-Permendikbud-No.-68-th-2013-ttg-ttg-KD-dan-Struktur-Kurikulum-SMP-MTs..
Sedangkan Komponen Standar Proses Pembelajaran adalah: Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode yang interaktif ,inspiratif,menyenangkan,kreatif,menantang dan memotivasi peserta didik dengan.Indikator; 1.Peran guru dalam melaksanakanpembelajaran sesuai rencana pembelajaran yang interaktif ,inspiratif ,menyenangkan dan menantang mencakup kegiatan pendahuluan inti dan penutup 2.Para peserta didik memperoleh kesempatan yang sama untuk melakukan eksplorasi dan elaborasi serta konfirmasi.
Seorang guru diharapkan memiliki kecakapan dalam melaksanakan kegiatan /proses belajar –mengajar dengan ,penguasaan materi pelajaran,ketepatan /kecakapan pemilihan pengunnan materi mengajar ,ketepatan pemilihan metodologi dan media serta sumber belajar hingga menyiapkan alat evualasi yang efektif. .
Hal yang perlu diperhatikan para guru adalah menciptakan sebuah metode pembelajaran yang dapat merancang siswa untuk secara aktif melakukan interaksi dengan berbagai sumber belajar .Melalui penyediaan media dan metode pembelajaran yang tepat siswa dapat aktif berinteraksi dengan sumber belajarnya.Peran guru dituntut bertindak sebagai coach ,mentor ,instructor ,facilitator dan motivator .
contoh interaktif "pembelajran" menggunakan audio
contoh interaktif "pembelajran" menggunakan audio
Dengan memiliki keterampilan dalam penulisan media audio visual sebagai sarana menciptakan sumber dan media pembelajaran siswa ,diharapkan dapat
· Dapat meng identifikasi kaitan antara belajar ,sumber belajar dan media belajar.
· Memahami manfaat media pembelajaran dalam materi pelajaran yang diampunya .
· Memilih jenis media yang sesuai dengan topik dan tujuan pembelajaran tertentu dalam pembelajaran kepada peserta didik .
Proses kegiatan belajar mengajar adalah proses interaksi dan komunikasi yaitu proses penyampaian pesan dari pendidik melalui media tertentu kepada peserta didik . Media pembelajaran sebagai sarana untuk menyalurkan pesan pendidik sehingga dapat terciptanya suasana pengalaman membelajarkan siswa /experiential learning yang mempengaruhi pikiran ,perasaan perhatian dan kemauan peserta didik.
Agar pemanfaatan media pembelajaran audio –video menjadi efektif seorang guru harus dapat merencanakan ,merancang dan menggunakannya secara efektif.Cara pemanfaatan media pembelajaran dengan kebutuhan dan karakteristik masing masing media yang telah dipilih.Ambil contoh:
· Disajikan dengan diputar penuh dari awal hingga akhir diikuti dengan tanya jawab dikusi serta evaluasi.
· Disajikan per bagian ,diselingi penjelasan ,tanya jawab dan evaluasi
· Dijelaskan terlebuh dahulu selanjutnya diputarkan tayangan audio video dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab serta evaluasi.
contoh :media pembelajaran berbasis video
contoh :media pembelajaran berbasis video
Pada dasarnya media pembelajaran dimanfaatkan untuk menunjang tercapainya tujuan tertentu dipadukan dengan proses belajar mengajar dalam situasi kelas .Maka seorang guru harus memperhatikam tujuan pembelajaran yang ingin dicapainya sekaligus mempertimbangkan tahapan persiapan ,pelaksanaan dan tindak lanjut sehingga proses membelajarkan siswa dapat berhasil dengan maksimal termasuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Semoga dengan apa yang telah kita pelajari bersama dapat menambah wawsan ,pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan tugas mencerdaskan kehidupan anak bangsa .
acaraWorkshop Penulisan naskah.