Cara Anti Copy Paste Posting

0

Mungkin bagi sebagian para pemilik blog sering kali dibuat kesal jika melihat artikel-artikel yang dibuatnya dengan memeras otak tiba-tiba sudah ada di blog milik orang lain, apalagi kalau disitu tidak disebutkan sumber asli dari artikel tersebut.

Berikut ini tip dan triks untuk melindungi artikel dari copy paste. Langsung saja:

Pertama-tama Anda analisa dulu, biasanya kalau mau copy/paste artikel ada beberapa cara, yaitu mulai dari menyeleksi tulisan yang mau dicuri kemudian dicopy/paste. Atau melihat "Source Code"nya dengan meng-klik kanan dan lain-lain. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut, mulai dari cara yang mudah sampai cara yang sulit. Nah, untuk tips kali ini kita akan mencoba menggunakan cara yang mudah saja. Tapi ingat, cara ini hanya efektif untuk menghadapi maling kelas teri, jadi tidak akan mempan menghadapi para penjahat kelas kakap yang sudah berpengalaman di dunia maya. Tapi lumayan untuk berjaga jaga dari maling-maling kelas teri. Nah, berikut adalah triknya:

Copy script dibawah tag <body.....

Begini detail caranya:

Pertama login dulu ke Blogger, terus pilih "Rancangan", lalu "Edit HTML", cari kode ini <body>. Letaknya kira-kira di tengah bagian kiri, biasanya setelah kode </head> . Perlu diperhatikan bahwa didalam kode html terdapat banyak tulisan "body", jangan salah memilih body . Kalau sudah ketemu letakkan script ini didalamnya.

onmousedown="return false" oncontextmenu="return false" onselectstart="return false"

Contohnya seperti ini:

<body onmousedown="return false" oncontextmenu="return false" onselectstart="return false" >

Nah, script diatas untuk melindungi agar text yang ada tidak bisa di seleksi untuk dicopy, dan juga tidak bisa di klik kanan.

Terus bagaimana kalau pencurinya lihat source code kita lewat menu-menu yang ada di web browser? Misalnya memakai Mozilla, dengan cara Klik View, Page Source, atau dengan menekan Ctrl + U. Nah, untuk mengakali masalah ini kita pakai cara licik saja, yaitu dengan menurunkan script html ke bawah, Caranya bagaimana?
Begini, taruh kursor/pointer ke atas tag <head> (letaknya dibagian atas), terus tekan enter sampai kira-kira 70 kali. Nah, kalau pencurinya melihat source code kita, dia hanya akan melihat kode kepala dari html kita, sedangkan isi dari blog kita kan sudah turun ke bawah, betul tidak?
Tapi ingat sekali lagi, ini hanya untuk pencuri kelas teri, walaupun diproteksi secanggih apapun, pasti tetap saja ada orang yang akan bisa membongkarnya, tapi setidaknya kita berjaga-jaga, pastinya?

Perhatian: Kalau pake trik proteksi ini, maka untuk form-form isian seperti search engine, kotak komentar haloscan, shoutbox, dan ogix tidak bisa diisi. Jadi kalau memang tidak benar-benar diperlukan, jangan menggunakan trik ini.

Selamat mencoba.
Author Image

About Ahmad Habibullah
Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design