Membuat Form Berlangganan Via Email

0

Seperti yang Anda lihat di sebelah kanan blog ini ada sebuah kotak yang berisi kotak untuk mengisikan alamat email dan sebuah tombol yang ada tulisan "Subscribe". Nah, dalam tips dan trik kali ini Anda akan mendapat tambahan ilmu baru, bagaimana cara membuat kotak tersebut?
Perlu dijelaskan terlebih dahulu apa kira-kira fungsi dari form tersebut?
Form tersebut fungsinya adalah untuk mempermudah para pembaca blog agar bisa berlangganan atau mendapatkan informasi postingan terbaru melalui email. Jika yang punya blog itu memposting artikel baru maka para pelanggan/pembaca yang sudah berlangganan via email, dengan cara memasukkan alamat email Anda di form berlangganan tersebut. Maka secara otomatis akan mendapatkan kiriman email yang berisi postingan terbaru di inbox email Anda.

Beginilah cara membuat form "Email Subscriber" tersebut:

1. Kunjungi situs ini: Feedburner.

2. Saat pertama kali Anda mengunjungi Feedburner akan langsung disodori kotak untuk mengisikan alamat feed blog Anda yang akan dibakar.

3. Biasanya alamat feed blog seperti ini http://NAMABLOGANDA.blogspot.com/feeds/posts/default , ganti tulisan NAMABLOGANDA dengan nama alamat blog Anda.

4. Isikan nama feed blog Anda tadi dalam kotak yang disodorkan tersebut, jika blog Anda hanya berisi video maka beri tanda centang pada kotak "I am a podcaster", jika tidak jangan dicentang. Kemudian klik tombol "next".

5. Setelah itu Anda akan disodori lagi dengan form pendaftaran, isikan data-data yang diperlukan disana, terus klik tombol "Activate Feed".

6. Nah, kalau berhasil nanti akan ada informasi "Congrats! your ......".

7. Dibawahnya akan ada tombol "Next" dan link "Skip directly to feed management" kali ini pilih yang link "Skip directly to feed management", sebenarnya lewat tombol "next" bisa tapi biar seru lewat jalan lain saja.

8. Kemudian nanti akan ada beberapa menu, kali ini pilih menu "Publicize".

9. Setelah itu disebelah kiri akan muncul beberapa menu. Pilih menu "Email Subscriptions".

10. Kemudian klik tombol "Activate".

11. Nah, setelah itu nanti akan ada beberapa kotak yang berisi kode-kode. Kalau Anda menginginkan yang berbentuk form maka pilih kode yang ada di kotak "Subsciption Form Code".

12. Copy kode yang ada dalam kotak tadi, terus klik tombol "Save" untuk mengaktifkan layanan tersebut.

13. Cara pasangnya, Login ke Blogger, pilih "Rancangan --> Add a Gadget --> HTML/Java Script" . Nah, paste kode yang sudah Anda copy tadi disana.

Sekarang coba dilihat blog Anda, form untuk "Email Subscriber" sudah tampil di halaman depan blog Anda. Jika Anda ingin menampilkan jumlah reader yang berlangganan begini caranya:
- Login ke Feedburner, kemudian pilih feed blog Anda.
- Terus masuk ke menu "Publicize --> FeedCount" disana ada script yang harus Anda copy dan pasang di blog Anda.

Happy Blogging!
Author Image

About Ahmad Habibullah
Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design