Cara Konversi Blog Ke Versi Mobile

Blog Anda jadi lebih nyaman dibaca di browser ponsel, oke tampaknya di masa depan semua ponsel bakal menyuguhkan browser dengan kemampuan terbaiknya.

HTML, AJAX, JAVA STRING, FLASH, dan MULTIMEDIA, semua akan tampil sempurna di layar ponsel, sesempurna tampilannya di komputer desktop. Namun saat ini, ponsel dengan kemampuan browser kompleks seperti itu masih sedikit. Beberapa vendor malah mematok harga yang cukup mahal untuk ponsel full browser mereka. Hal ini menjadi tantangan bagi para blogger dan pemilik website.
Bagaimana supaya mereka bisa menyuguhkan blog yang selain nyaman dibaca di komputer desktop, namun juga nyaman ditelaah di browser ponsel biasa? Solusinya? Jangan berpikir terlalu rumit. Tak perlu pula memeras keringat mengingat banyaknya "command html" dan berlama-lama membuat versi mobile yang rumit.

Anda hanya perlu berterima kasih pada MOFUSE, layanan konversi blog versi Mobile yang gratis dan mudah digunakan.

KONVERSI

Yang Anda butuhkan untuk memulai operasi ini adalah sebuah desktop komputer dengan browser dan koneksi internet. Itu saja. Masuklah ke situs Mofuse. Di bagian tengah, Anda akan melihat kolom dengan tulisan "Mobilize your Blog Now". Masukkan alamat blog Anda ke dalam kolom yang tersedia, kemudian tekan tombol Mobilize. Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman baru berisi beberapa setting dan konfigurasi.

LANGKAH 1:

Konfigurasi alamat web versi mobile

Masukkan alamat blog versi mobile Anda. Agar mudah diingat, sebaiknya masukkan alamat yang mirip blog versi webnya. Misalkan jika alamat webnya "namablog-Anda.blogspot.com", maka alamat versi mobilenya menjadi "namablog-Anda.mofuse.mobi". Mofuse secara otomatis akan menambahkan akhiran mofuse.mobi pada alamat mobile Anda. Jangan lupa cantumkan judul atau tema blog Anda pada kolom "Mobile Site Tittle", serta kategori blog Anda dalam kolom "Mobile Site Category".

LANGKAH 2:

Membuat akun untuk mengklaim alamat mobile site Anda

Untuk mengklaim alamat mobile site yang Anda buat di langkah pertama, Anda perlu membuat akun di Mofuse. Masukkan password yang Anda kehendaki. Cantumkan pula alamat email Anda sehingga data-data penting seperti password dan konfigurasi situs mobile Anda terkirim ke alamat email.

LANGKAH 3:

Finalisasi

Pada langkah ini, Anda hanya perlu memberi tanda centang di kolom persetujuan layanan, kemudian menekan tombol "Launch Mobile Site". Sesaat kemudian, Anda akan mendapatkan halaman baru bernama "Dashboard". Di dashboard ini, Anda bisa melakukan konfigurasi lebih lanjut terhadap situs mobile Anda, termasuk melakukan pengaturan akun, utak-atik tampilan, dan menerima pesan email. Sekarang Anda dapat membandingkan blog Anda, versi web dengan versi mobilenya.

* Ada alternatif lainnya untuk mengkonversi blog Anda ke versi mobile menggunakan akun Google Anda.

- Klik link ini untuk konversi blog Anda menjadi versi mobile

- Klik "Sign In with Google Account", "Add New Blog", masukkan nama blog Anda, "Go", masukkan kembali nama blog Anda, "Check Availability", "Next", setting site feed blog Anda ke "FULL", "Add Code", tambahkan gadget, kembali lagi ke bloggertouch, isi kembali nama blog Anda bila diminta, klik "Next", "Verification", bila sukses diverifikasi berarti blog Anda telah dikonversi ke versi mobile secara otomatis.

Silahkan Anda lihat tampilan baru blog Anda via browser ponsel Anda. Bagaimana? Keren kan?

Tampilan blog Anda memang menjadi sederhana. Tapi dengan begitu loading blog Anda menjadi cepat diakses dan pengunjung blog Anda pun tidak perlu menunggu lama untuk sekedar melihat maupun membaca artikel di blog Anda.

Menarik bukan?

Blog Anda kini lebih leluasa diakses melalui ponsel.

Selamat mencoba!

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda. Mohon untuk tidak berkomentar yang bernada SPAM dan berbau p*rn*.

Cari Artikel

Memuat...

Archives