Cara Membuat Sub Domain

Membuat subdomain tanpa menggunakan web hosting, kali ini blogtegal akan membahas tutorial bagaimana caranya membuat subdomain tanpa menggunakan web hosting yang kita perlukan hanya lah sebuah top level domain (TLD) seperti .com, .net, .org, .co.id, .ws, .web.id dan lain sebagainya yang bisa kita beli pada registrar domain dari harga yang murah sampai harga yang mahal, mulai dari harga 45.000 sampai 90.000 bahkan ada yang lebih mahal. Jika agan yang membaca artikel ini belum membeli atau memiliki domain tingkat atas (TLD) tidak apa, ini bisa untuk bahan materi blog agan maupun bahan pembelajaran saja. Mungkin besok atau lusa atau tahun depan sudah punya uang lebih dan mau membeli domain premium, ini juga awak gak tahu apakah ini tutorial baru atau memang sudah banyak bertebaran di blog maupun web master, jadi harap maklum yah kalo tutorial ini sudah basi buy domain and hosting premium, oh ya tutorial ini cocok untuk para blogger yang yang menghostingkan domain-nya di blogspot.com
Sebelum ke langkah penerapannya ada baiknya agan membaca dan memahaminya dulu agar tidak terjadi kesalahan yang fatal pada blog agan.
Apa saja bahan-bahan untuk membuat subdomain tanpa web hosting

  • mempunyai Top level domain (TLD) tentunya d0nk.
  • Punya akun di gmail.com
  • Punya akun di blogspot.com dan punya akun di afraid.org
  • Punya koneksi ke internet tentunya hehe

Jika kamu belum punya akun di blogspot.com maupun di afraid.org segera daftar.Bagaimana langkah-langkah membuat subdomain
Untuk proses mudahnya silahkan ikuti proses berikut agar tidak keliru,

  • Beli nama domain premium di registrar seperti godaddy dan lain2
  • buat dahulu email di gmail.com, jika sudah punya email silahkan buat akun di blogspot.com, dan buat blog dengan nama apa saja, misal iniblogku.blogspot.com.
  • Jika sudah punya akun-akun di atas sekarang buat akun afraid.org, silahkan daftar melalui link berikut http://freedns.afraid.org/sign up, isi smua data-datanya dengan benar dan ikuti langkah-langkahnya.
Jika sudah punya akun pada situs yang di sebutkan, berikut langkah-langkah penerapannya

  • Silahkan log in ke situs registrar dimana agan membeli domain top level dan ganti DNS record-nya menjadi:
    ns1.afraid.org
    ns2.afraid.org
    ns3.afraid.org
    ns4.afraid.org
    dan simpan
  • Jika sudah mengganti DNS record seperti di atas silahkan log in ke situs afraid.org dan klik menu DOMAINS di bagian kiri atas dan klik tulisan Add A Domain into FreeDNS dan tambahkan nama domain yang di inginkan, misal domainku.com, set pengaturan SHARE STATE ke ''PRIVATE'' dan untuk CLONE dan SUB-CLONE biarkan saja. klik dan biarkan sejenak afraid.org untuk mendeteksi NS yang di gunakan menuju NS yang di tunjuk. Jika kamu melakukan proses seperti tutorial ini secara berurutan maka bisa di pastikan bisa langsung di proses.
  • Setelah terdeteksi dan status domain pada situs afraid.org menunjukan HEALT:ACTIVE maka kamu bisa langsung ke proses selanjutnya.
  • Klik menu DOMAINS lagi dan klik manage. Di situ akan terdapat beberapa pengaturan yang belum di konfigurasi seperti ftp.domainmu.com, mail.domainmu.com, irc.domainmu.com, www.domainmu.com, untuk proses mudahnya agar tidak membingungkan silahkan hapus dulu semua konfigurasi tersebut.
  • jika sudah terhapus semua silahkan klik yang bertuliskan tepat seperti ini [ add ], dan konfigurasikan rekam type CNAME seperti berikut:
    Type : pilih CNAME
    Subdomain : isi dengan www
    Domain : pilih domainmu.com
    Destination : isi dengan ghs.google.com
    TTL : biarkan
    Willcard : biarkan
    Kemudian klik
  • Sampai disini sebenarnya sudah selesai namun blog kita hanya bisa di akses memakai alamat lengkap seperti www.domainmu.com, untuk me-redirect domainmu.com ke www.domainmu.com kita perlu menambahkan beberapa konfigurasi lagi, yakni me-rekam type A berikut.
  • Klik [ add ] lagi dan konfigurasikan rekam type A seperti berikut:
    Type : pilih A
    Subdomain : biarkan kosong
    Domain : pilih domainmu.com
    Destination : masukan alamat IP 216.239.32.21
    TTL : biarkan
    Willcard : biarkan

    Dan klik
  • Ulangi konfigurasi rekam type A sampai 4 kali dengan mengisi Destination dengan memasukan masing-masing alamat IP seperti berikut:
    216.239.34.21
    216.239.36.21
    216.239.38.21
Sampai disini kita sudah melakukan CUSTOM DOMAIN DI BLOGSPOT dengan memakai DNS yang berbeda. Ini tidak ada bedanya dengan DNS yang lama pernah di gunakan. Untuk selanjutnya di sini kita baru mau memulai caranya membuat subdomain tanpa web hosting memakai free dns dari afraid.org, berikut tutorialnya:

  • Log in lagi ke situs afraid.org dan klik menu DOMAINS »»MANAGE
  • Tambahkan konfigurasi rekam type A seperti berikut:
    Type : pilih type A
    Subdomain : masukan nama subdomain yang kamu inginkan, misal myprofile
    Domain : pilih domainmu.com
    Destination : isi dengan alamat IP 216.239.32.21
    TTL dan Willcard : biarkan keduanya
    kemudian klik
  • Ulangi konfigurasi rekam type A sampai 3 kali saja, bukan 4 kali dengan mengisikan Destination dengan alamat IP masing-masing seperti berikut:
    216.239.34.21
    216.239.36.21

Sampai di sini kita sudah berhasil mengkonfigurasi subdomain atau mudah katanya Custom subdomain di blogspot, sekarang waktunya penerapan subdomain di blogspot.Langkah penerapan custom subdomain di blogspot

  • Log in ke dashboard blogspot kamu
  • Pilih Setelan »» Penerbitan
  • klik domain ubahsuain »» Beralihlah ke setelan lanjut
  • pada kotak kosong masukan nama subdomain yang telah kita konfigurasikan tadi yakni sebagai contohmyprofile.domainmu.com masukan kode CAPTCHA dan klik SIMPAN
SelesaiSekarang blog kamu sudah berpublikasi di subdomain milik sendiri, jadi tidak berembel-embel .blogspot.com lagi Hadeh capek juga nulis artikel segini banyaknya. Pasti ente-ente juga bingung membaca dan memahami tutorial membuat sub domain tanpa hosting? Jangankan ente, awak yang nulis juga bingung memanfaatkan domain inang untuk membuat subdomain tanpa memakai web hosting

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda. Mohon untuk tidak berkomentar yang bernada SPAM dan berbau p*rn*.

Cari Artikel

Memuat...

Archives