Cara Menghemat Baterai BlackBerry

Bagi sobat pengguna smartphone BlackBerry, masalah baterai yang gampang ngedrop atau cepat habis itu sudah biasa. Namun tentu saja hal ini sangat mempengaruhi kenyamanan sobat dalam menggunakan smartphone berlogo 'B' ini. Baterai yang baru saja dicharge lalu dipakai untuk berinternet ria tiba-tiba tidak lama berselang indikator baterai menunjukkan pemakaian baterai tinggal 50%. Dan hal ini tentu membuat sobat bosan untuk harus mencharge baterai setiap hari bahkan setiap jamnya. Permasalahan pada baterai merupakan hal yang sudah umum buat sobat pengguna smartphone di seluruh dunia. Ini dikarenakan kinerja smartphone memang lebih berat dibandingkan dengan ponsel lainnya, seperti penggunaan aplikasi yang berlebihan.
Untuk menangani beberapa masalah pada battery life BlackBerry sobat. Pertama, coba sobat cek aplikasi atau software apa saja yang terinstal. Selain itu silahkan dicek apakah ada aplikasi yang sedang berjalan dan sobat lupa untuk menonaktifkannya. Karena walaupun sobat tidak menggunakannya, aplikasi tersebut perlahan-lahan menghabiskan daya baterai. Jika sobat merupakan pengguna telepon melalui percakapan aktif, sebaiknya panggilan lebih diminimalisir. Yang kedua, saat indikator baterai misalnya dari 50% tidak lama berselang menurun drastis, sebaiknya copot dulu baterai BlackBerry sobat lalu pasang lagi. Kemudian cek apakah indikator baterai tetap atau meningkat kembali ke posisi 50%. Jika meningkat berarti ada kemungkinan ada masalah pada firmware BlackBerry sobat. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan updgrade versi firmware. Download firmware BlackBerry disini.

Cara Menghemat Baterai BlackBerry

Yang ketiga setting volume suara, menonaktifkan equalizer, setting foto dalam ukuran kecil, kualitas gambar maupun efek warna berada pada posisi normal, serta gunakan WiFi hanya jika memang dibutuhkan. Kadang setelah berinternet ria menggunakan WiFi, kita lupa untuk menonaktifkan fungsinya. Dan ini merupakan kesalahan yang sering kita lakukan karena penggunaan WiFi sama halnya dengan penggunaan aplikasi lainnya yang akan menguras baterai.

Beberapa alternatif lain atau tips dan trik untuk memaksimalkan baterai BlackBerry sobat yaitu redupkan backlight BlackBerry hingga angka terkecil (10%), kurangi timeout backlight hingga 20 detik, matikan fungsi bluetooth ketika tidak digunakan, mengaktifkan kunci (lock) otomatis, gunakan fitur auto on/off (bedside mode) untuk menghidupkan dan mematikan BlackBerry sobat pada waktu tertentu, mengganti app refresh setting untuk mengatur jadwal refresh aplikasi pada interval tertentu, dan setting network pada jaringan 2G. Yang terakhir dan yang paling penting adalah ketika melakukan pengisian baterai BlackBerry sobat, usahakan untuk mematikan perangkat terlebih dahulu. Ini disebabkan karena pengisian baterai pada posisi dihidupkan (ON), akan membuat baterai bekerja lebih keras dan membuat baterai lebih cepat drop.

Sekian tips dan trik cara menghemat baterai BlackBerry. Mungkin sudah banyak cara yang sobat ketahui, tapi tidak ada salahnya untuk menambah referensi sobat. Untuk tips cara menghemat baterai ponsel Android, klik " disini ". Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda. Mohon untuk tidak berkomentar yang bernada SPAM dan berbau p*rn*.

Cari Artikel

Memuat...

Archives