Cara Menghilangkan Navigation Bar

0
Navigation Bar atau NavBar adalah fasilitas yang dimiliki oleh Blogger, bentuknya berupa kotak kecil memanjang kesamping yang letaknya berada di bagian paling atas dari blog yang fungsinya antara lain untuk mulai melakukan sign in/out, atau bisa juga membuat blog baru.
Navigation Bar juga bisa digunakan untuk melaporkan kecurangan atau tindak kejahatan weblog yang dilakukan oleh seorang blogger, misalnya kontent blognya yang melanggar TOS atau hal-hal yang dianggap merugikan orang lain. Juga share blog ke akun Anda di Facebook, Twitter, Google Buzz dan Google Reader.

Namun ada beberapa blogger yang merasa lebih nyaman jika tampilan blognya dalam keadaan bersih tanpa harus ada bagian mencolok di bagian atas blognya sendiri (NavBar). Karena itu, kadang para blogger menghapus NavBar tersebut. Pertanyaannya adalah: Apa tidak melanggar Term of Service (TOS) dari Blogger?
Sejauh ini, banyak blogger yang telah menghilangkan Navbar mereka dan tidak juga mendapat teguran dari Blogger. Artinya, bisa dilakukan di TOS Blogger sendiri juga tidak ada aturan yang cukup detail tentang hal ini.

Bagaimana menghilangkan Navigation Bar? Ada beberapa penyedia template yang memang sudah tidak ada NavBar-nya. Namun bagi Anda yang memakai template yang masih ada NavBar nya dan ingin menghilangkannya maka inilah caranya:

1. Anda harus Login dulu di Blogger.

2. Terus pilih Rancangan --> Edit HTML.

3. Salin script berikut ke dalam tag head, lalu tempel seperti yang terlihat di bawah ini:

#navbar-iframe {
display: none !important;
}

Contohnya sebagai berikut:

-----------------------------------------------
Blogger Template
Style Name: Son of Moto (Mean Green Blogging Machine variation)
Designer: Jeffrey Zeldman
URL: www.zeldman.com Date: 23 Feb 2004 Updated by: Blogger Team
----------------------------------------------- */
#navbar-iframe {
display: none !important;
}
/* Variable definitions
====================

4. Kemudian simpan.

5. Anda dapat juga menghilangkan gadget Navbar caranya:

Menambah kode berikut diantara dan untuk menghilangkan Navbar



Catatan saat ini tim Blogger sedang gencar menghapus blog yang menghilangkan Navbar di blog nya. Mohon Anda pertimbangkan sekali lagi keputusan Anda untuk menghilangkan Navbar di blog Anda.

Selamat Mencoba!
Author Image

About Ahmad Habibullah
Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design