Keyword Yang Banyak Dicari Blogger

Jika Anda ingin membuat blog/website Anda banyak dikunjungi orang, maka isilah dengan topik yang menarik atau topik yang paling banyak dicari orang. Topik yang sedang populer saat ini sebanding dengan jumlah kata kunci/keywords yang dimasukkan dalam search engine. Bagaimana cara mengetahui kata kunci/keywords yang paling populer saat ini?

Google menyediakan tool Keyword Tool External dan http://google.com/trends untuk mengetahui keyword apa yang paling banyak dicari orang saat ini.

Fasilitas ini sebenarnya digunakan untuk mencari keyword yang paling efektif dalam http://adwords.google.com, yaitu program di mana kita bisa memasang iklan di halaman hasil pencarian Google atau di Google Adsense. Namun tool ini juga dapat dimanfaatkan untuk mencari keywords yang populer dan keyword-keyword lain yang berhubungan. Silakan klik di sini untuk membuka Keyword Tool External Adwords. Akan muncul halaman seperti di bawah ini.

google keyword tool external

Dari gambar di atas terlihat bahwa keyword laptop battery sangat populer (lihat bar hijau pada bagian Search Volume), dan Google menyarankan keyword yang berhubungan dengan laptop battery adalah sony laptop battery, notebook batterries, dan sebagainya. Informasi ini berguna jika Anda memilki sebuah toko yang menjual laptop atau notebook dan memiliki sebuah web/toko online:
  • Keyword laptop battery sangat populer, masukkan keyword ini dalam web/blog Anda
  • Selain menggunakan keyword/kata kunci laptop battery, sebaiknya juga menggunakan kata kunci notebook battery dan kata kunci lain yang populer
  • .
  • Merek tertentu (misalnya Sony) lebih populer daripada merek lain (misalnya Fujitsu).
Dalam keyword tool ini, kita juga bisa mengatur setting dari bahasa dan negara mana. Iseng-iseng, penulis memasukkan keyword “cewek” dengan setting pengunjung Google dari Indonesia, maka inilah daftar keyword yang paling banyak dicari orang keyword yang berhubungan dengan cewek:
  • artis bugil
  • foto artis
  • cewek bugil
  • cewek seksi
  • dan sebagainya

Apakah ini berarti orang Indonesia berpikiran kotor? Suka hal-hal yang berbau pornografi? Terserah Anda menafsirkan data di atas

Google Trends

Tool yang kedua untuk mengetahui top keywords atau kata kunci yang paling banyak dicari orang adalah http://google.com/trends. Silakan buka Google trend, maka akan muncul jendela pencarian dan daftar 10 kata kunci yang pupuler hari ini (berlaku di USA).

Anda juga bisa kunjungi di sini: Google Trends untuk melihat 100 buah kata kunci (keywords) yang paling populer hari ini. Anda juga bisa mengganti tanggal dengan tanggal kemarin atau waktu-waktu yang lain.
Di bagian atas halaman ada box yang digunakan untuk memasukkan keyword. Misalnya kita masukkan kata berikut: AMD, intel maka akan muncul grafik seperti ini.

Google trends untuk mencari keyword populer


Keterangan gambar:

  1. Kata kunci yang dimasukkan bisa 1 atau lebih dari satu
  2. Grafik jumlah orang yang mencari kata kunci tersebut di Google (dalam contoh ini, intel - garis merah, dan amd = garis biru)
  3. Jumlah berita sehubungan kata kunci
  4. Titik di mana berita dipublikasi (misalnya pada titik A, harga stock Intel turun)
  5. Daftar berita.
Dengan melihat gambar di atas dapat disimpulkan:
  • Intel lebih populer daripada AMD
  • Di akhir tahun 2005, pencarian kata kunci Intel meningkat, namun di awal tahun 2008 ini mengalami penurunan.
Anda juga bisa mengeset agar Google Trends menampilkan data pengunjung Google dari negara mana dan tahun berapa.Beberapa hal yang dicoba penulis:

Apakah orang Indonesia masih suka akan sesuatu yang GRATIS atau FREE? (Misalnya software gratis, internet gratis, seks gratis, free sex)
Jawabannya adalah YA, ada kecenderungan kenaikan minat terhadap sesuatu yang gratis oleh pengunjung Google dari Indonesia.

Apakah pengunjung Google di dunia masih suka sesuatu yang FREE?
Jawabannya adalah YA, namun terjadi penurunan yang signifikan dari tahun 2004-2008.

Pengguna Google dari Indonesia yang suka seks cenderung meningkat atau menurun?
Jawabannya adalah MENINGKAT. Dari tahun ke tahun, jumlah orang dari Indonesia yang memasukkan kata kunci sex di Google selalu meningkat.

Bagaimana? Apakah Anda ingin mencoba tool gratis yang disediakan Google ini?

Selamat mencoba!

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda. Mohon untuk tidak berkomentar yang bernada SPAM dan berbau p*rn*.

Cari Artikel

Memuat...

Archives