Google Groups Vs Yahoo Groups

Yahoogroups dan Googlegroups adalah dua penyedia layanan Wikipedia Milis terbesar di Internet. Yahoo Group hadir terlebih dulu pada tahun 1998 dan berkembang pesat sejak mengakuisisi eGroups, salah satu layanan milis paling populer saat itu, pada tahun 1999.

Google Groups muncul belakangan setelah Google mengakuisisi Deja News, penyedia mesin pencari artikel newsgroup Usenet, pada tahun 2001.
Sebagai produk yang hadir terlebih dulu, tidak heran jika lebih banyak milis, terutama yang sudah dimulai sejak lama, menggunakan Yahoo! Groups sebagai pilihan layanannya.
Sebenarnya, mana yang lebih unggul?
Berikut pro dan kontra untuk masing-masing layanan berdasarkan pengalaman blog ini mengikuti atau mengelola milis pada kedua layanan tersebut.

YAHOOGROUPS

1. Secara umum Yahoo! Groups lebih bisa diandalkan dalam pengiriman email ke milis. Pengiriman melalui Google Groups kadang gagal atau tidak merespons.
2. Yahoo! Groups memiliki fitur tambahan kalender, pemungutan suara (polling), dan basis data yang tidak dimiliki Google Groups.
3. Yahoo! Groups memungkinkan pengaturan hak akses lebih detil untuk masing-masing peran (pemilik dan moderator).
4. Yahoo! Groups menyediakan fitur penjawab otomatis (autoresponder) dan pengiriman berkas secara berkala. Google Groups tidak memiliki fitur ini.

GOOGLEGROUPS

1. Google Groups memiliki tampilan web yang mengelompokkan diskusi berdasarkan percakapan seperti model Yahoo! Groups menampilkan pesan secara individu, walaupun masing-masing pesan dilengkapi dengan tampilan struktur pohon balasan yang dibuat.
2. Google Groups menyimpan lampiran email di arsip webnya, sedangkan Yahoo! Groups tidak.
3. Google Groups memiliki limit 5MB untuk tiap-tiap email yang dikirimkan ke milis, sedangkan Yahoo! Groups hanya 750KB.
4. Google Groups menampilkan iklan dalam bentuk yang tidak mengganggu, sedangkan Yahoo! Groups menampilkan spanduk (banner) iklan besar di bagian atas arsip webnya yang cukup mengganggu.
5. Google Groups tidak menyertakan iklan pada tiap kirimannya, sedangkan Yahoo! Groups menyertakan iklan yang tidak mungkin dibuang.

Bagi saya, Google Groups lebih unggul dibanding Yahoo! Groups terutama karena pengelompokkan diskusi, penyimpanan lampiran, serta tidak menyertakan iklan pada emailnya. Sayangnya, tidak ada alat atau cara untuk dapat memindahkan semua arsip Yahoo! Groups langsung ke Google Groups.

Apakah artikel ini menarik? Silahkan berikan komentar Anda!

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda. Mohon untuk tidak berkomentar yang bernada SPAM dan berbau p*rn*.

Cari Artikel

Memuat...

Archives