Tips Mengamankan Facebook Anda

Soal urusan publik dan pribadi jadi masalah tersendiri di Facebook. Ada pengguna yang menutup informasi pribadinya. Yang lain mengais-ngais urusan internal orang lain. Lama-kelamaan ada kekhawatiran bakal terjadi eksodus besar-besaran dari situs jaringan pertemanan ini.

Perubahan memang dilakukan oleh Facebook. Namun melindungi privasi Anda jauh lebih penting. Adam Rosenberg, manajer komunitas online Salsa Labs, menulis di blog Mashable soal tip menjaga privasi di Facebook.

1. PELAJARI LOVE 'EM

Pelajari terlebih dulu semua fungsi yang ada di Facebook. Sering kali pengguna lupa bahwa tombol kecil di sudut kanan bawah di samping setiap posting memberikan pilihan apakah "semua orang", "hanya teman, " atau daftar tertentu orang yang dapat melihat. Daftar sangat berharga bagi mereka yang mendukung adanya privasi atau petugas pemasaran. Pendukung pertama ingin menggunakan daftar untuk membatasi rekan atau status hubungan mereka, film kesukaan, pandangan politik, dan lainnya. Bagi tenaga pemasaran, daftar berguna untuk menjaga kontak dan menawarkan produk baru serta mengumumkan acara. Dan, dengan daftar "like", sangat berguna data dalam web. Untuk membuat dan mengedit daftar, caranya:
- Buka akun.
- Klik Edit Friends.
- Klik Create New Lists (atau Edit Lists jika untuk daftar yang ada).
- Tambahkan teman ke daftar ini.
Untuk menggunakan daftar :
- Buka akun.
- Klik Privacy Settings.
- Klik Personal Information and Posts.
- Pilih area yang berbeda dan klik Customize.
Anda juga dapat menggunakan daftar pada setiap posting dan update. Caranya, cari simbol "lock" dan ikuti "customize" di bagian atas.

2. KETIKA RAGU, LANGSUNG LOG OUT

"Preview My Profile" dapat digunakan untuk mengetahui apa yang sedang dilakukan teman-teman tertentu dalam jaringan Anda. Memang hal ini belum memberikan gambaran lengkap. Berbagi informasi pribadi dengan teman boleh-boleh saja. Tetapi, berhati-hatilah, karena Anda berada di dunia Facebook. Jika Anda melihat ada sesuatu yang tidak biasa, kembalilah buat perubahan. Pilihan lainnya adalah menghapus tampilan luar profil Anda. Untuk melakukannya mudah :
- Klik Account.
- Klik Privacy Setting.
- Klik Search.
- Hapus tanda centang pada opsi Public Search Results.
- Ini membuat profil Anda tidak terlihat oleh bukan pengguna Facebook.

3. AUDIT "LIKES"

Banyak pengguna Facebook ingin "Like" (sebelumnya, "Become a Fan of") dengan banyak merek, cause, hiburan, dan lain-lain. Sayangnya, halaman "Like" tidak dapat ditutupi melalui pengaturan privasi Facebook. Alhasil, siapapun dapat melihat dan membuat asumsi mengenai kepribadian Anda. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan pengeditan sebagai berikut :
- Klik Account.
- Klik Edit Friends.
- Klik Pages pada kolom kiri.
- Periksalah daftar dan tanya diri sendiri : "Do I want this to be public?"
- Kemudian tanya diri sendiri, "If I want it public, would I be comfortable with strangers networking with me through these channels?"
- Jika ada sesuatu yang tidak memenuhi kriteria Anda, klik Remove Connection (klik X).

4. BERSIHKAN APLIKASI PIHAK KETIGA

Salah satu perubahan besar Facebook adalah fitur "Instant Personalization", yang memungkinkan beberapa situs web, termasuk Microsoft Docs.com, Yelp, dan Pandora, menyambung secara otomatis ke feed Anda. Facebook memungkinkan mitra terpercaya mengakses informasi profil Anda dalam upaya "menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik". Mereka yang tidak tertarik kepada koneksi otomatis ini dapat memilih keluar secara manual, yang prosesnya mudah :
- Klik Account.
- Klik Privacy Setting.
- Klik Applications and Websites.
- Klik Instant Personalization Pilot Program.

5. KONTROL TEMAN YANG DAPAT ANDA BAGI

Pada Desember 2009, Facebook memperkenalkan pengaturan privasi yang baru untuk mengontrol informasi apa yang bisa Anda bagi kepada teman-teman. Ini adalah fitur privasi penting karena berkaitan dengan bukan hanya informasi yang Anda posting, tapi juga apa yang teman-teman Anda dapat tawarkan ke salah satu aplikasi atau situs web. Misalnya teman Anda dapat menggunakan aplikasi "Give a Dog", yang dapat mengakses informasi yang telah Anda buat, termasuk nama, jenis kelamin, ulang tahun, foto, dan video. Informasi Anda digunakan dan dikumpulkan oleh pengembang aplikasi, meskipun Anda bukan orang yang aktif berbagi. Untuk mengaturnya, lakukan langkah berikut :
- Buka akun.
- Klik Privacy Setting.
- Klik Application and Websites.
- Hapus tanda centang semua aplikasi yang tidak ingin Anda bagi tanpa diketahui.
- Klik Save Changes.
Bagian ini agak membingungkan karena benar-benar menanyakan informasi apa yang Anda ingin kumpulkan bersama aplikasi pihak ketiga menggunakan profil teman-teman "sebagai sebuah saluran". Ini tidak akan mempengaruhi berapa banyak teman yang dapat melihat pada profil Anda. Jika Anda ingin mengontrol semua data, kami menyarankan Anda mencentang semua kotak disini.

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda. Mohon untuk tidak berkomentar yang bernada SPAM dan berbau p*rn*.

Cari Artikel

Memuat...

Archives