Memproteksi File/Folder Agar Tidak Bisa Dibuka

Jika Anda punya file atau folder yang sangat rahasia, ada banyak cara untuk mengamankannya. Anda bisa menggunakan software yang dibuat khusus untuk itu.
Di sini, Anda tidak perlu software tambahan untuk melakukan itu. Anda hanya perlu masuk MS-DOS Prompt kemudian mengganti nama file/folder tersebut dengan manambahkan karakter yang tidak dikenal oleh Windows.

Untuk melakukannya, klik Start > Programs > MS-DOS Prompt. Misalnya Anda ingin memproteksi folder yang terletak di drive C dengan nama kunci, maka MS-DOS path-nya adalah C:\Kunci. Maka untuk memproteksi folder tersebut Anda bisa mengganti nama filenya dengan perintah:
REN C:\KUNCI KUNCI _

Pada karakter _ setelah huruf I, tahan tombol Alt dan tekan angka 1023 kemudian lepaskan tombol Alt. Ini akan memunculkan karakter Unicode yang tidak bisa terbaca oleh Windows. Jika yakin dengan nama itu, tekan Enter.

Sekarang nama folder telah berubah. Untuk mencobanya, dobel klik folder tersebut melalui Windows Explorer, bagaimana? Windows akan menganggap folder itu tidak ada.

Untuk membukanya, Anda bisa mengembalikan nama folder itu lagi melalui MS-DOS tanpa memasukkan karakter 'aneh' tadi.

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda. Mohon untuk tidak berkomentar yang bernada SPAM dan berbau p*rn*.

Cari Artikel

Memuat...

Archives