Tips Hindari Panas Berlebih Pada Laptop


Laptop adalah komputer yang simpel, multi fungsi, mobile, dan masih banyak lagi kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Selain dari pada kelebihan-kelebihan yang dimiliknya tersebut, laptop juga mempunyai beberapa kekurangan dibandingkan dengan PC biasa atau PC dekstop atau rumahan atau perkantoran.
Diantaranya komponennya yang lebih mahal, tidak tahan dengan goncangan berlebih, dan lain-lain.

Yang akan kita bahas kali ini adalah, salah satu cara mengatasi masalah yang sering terjadi pada laptop, yaitu kelebihan panas atau overheat. Overheat ini bisa terjadi karena laptop yang dipakai dalam jangka lama, atau sirkulasi udara yang kurang baik dan biasanya juga dikarenakan hardware yang fungsinya sudah tidak baik lagi. Tips dan Triks Blog untuk mengatasi Overheat adalah:

* Bersihkan sistem ventilasi pada laptop dengan sikat halus atau kuas yang halus dan akan lebih baik jika menggunakan kompresor.

* Selalu letakkan laptop di permukaan yang keras. Hindari meletakkan laptop di selimut, kain wool atau permukaan lembut lainnya yang dapat menghalangi angin dan pertukaran udara.

* Matikan laptop sebelum memasukkannya ke dalam kotak/tas. Jika Anda tidak ingin mematikannya, atur laptop dalam kondisi hibernate. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya proses peningkatan panas. Jangan sekali-kali meletakkan laptop yang sedang beroperasi di tempat yang sempit, ini bisa meningkatkan panas.

* Instal software monitoring, seperti SpeedFan, yang memungkinkan Anda untuk mengawasi dan memantau suhu prosesor, hard drive dan komponen lainnya.

* Atur setting power untuk mencegah panas berlebih pada komponen seperti layar dan hard drive. Turunkan power secepatnya jika memang tidak dibutuhkan.

* Anda juga bisa menggunakan pendingin laptop yang dapat mencegah panas berlebih.

* Jika laptop Anda berpotensi mengalami overheat dan masih dalam masa garansi, jangan ragu untuk melaporkan keluhan Anda tersebut.

* Jika Anda berencana membeli laptop baru, jangan gegabah! Telitilah dulu dengan seksama.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda. Mohon untuk tidak berkomentar yang bernada SPAM dan berbau p*rn*.

Cari Artikel

Memuat...

Archives