Pengertian Blog

Apa itu blog?
Pertanyaan seperti inilah yang biasanya sering muncul dibenak orang awam yang baru pertama kali mendengar istilah blog. Bukan sebuah hal yang aneh, mengingat dulu pun saya juga pernah menanyakan hal yang sama ketika beru pertama kali mendengarnya. Lalu, apa sih sebenarnya blog itu?
Yup, mari kita bahas bersama.
 

Secara umum, sebuah blog atau dikenal juga dengan sebutan weblog merupakan sebuah situs pribadi yang memuat tulisan-tulisan sebagai konten atau isi pokoknya, di mana tulisan yang sebagai postingan tersebut berisi tentang suatu topik tertentu yang di publikasikan oleh pemiliknya guna mendapatkan reaksi dari pembaca dan diperbaharui secara berkala.

Adapun ciri sebuah blog secara umum adalah;

  1. Berisikan informasi yang bersifat kronologis, dan terbagi menjadi beberapa kategori.
  2. Terdapat arsip untuk berita atau informasi baik baru maupun lama.
  3. Terdapat interaksi antara pemilik blog dan pengunjung/pembaca.
  4. Biasanya interaksi tersebut berbentuk sebuah kolom komentar.
  5. Biasanya terdapat pranala (link) ke website atau blog sering dikujungi, biasanya dikenal dengan nama Blogroll.

Ada beberapa pengertian blog yang dikemukakan oleh beberapa pihak yang berkompeten dan dapat kita jadikan sebagai referensi, seperti;

‘Sebuah weblog adalah hirarki teks, gambar, objek media dan data, yang tersusun secara kronologis, dan dapat dilihat dalam browser HTML.’ Oleh Harvard University.

‘Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.’ Oleh Wikipedia.

‘Sebuah publikasi kronologis yang sering tentang pikiran seseorang dan dalam bentuk link Web.’

‘Dari kata Weblog. Sebuah blog pada dasarnya adalah journal yang tersedia di Web. Aktifitas menmperbaharui blog disebut blogging dan seseorang yang mengelola blog disebut blogger.’ Oleh Computersprintersrepairshouston.com/ glossary.

‘Sebuah weblog adalah sejenis tur berkesinambungan dengan bimbingan manusia yang anda tahu. Ada banyak bimbingan yang bisa dipilih, dan semuanya mengembangkan audiens, dan ada hubungan pertemanan dan politik antara pengelola blog yang saling menunjuk dan semuanya dalam bentuk struktur, grafik, alur, dsb.’ Oleh Newhome/History Of Weblogs.

‘Sebuah blog pada dasarnya adalah sebuah jurnal yang tersedia di web. Kegiatan memperbarui blog adalah “blogging” dan seseorang yang membuat sebuah blog adalah “blogger.” Blog biasanya Diperbaharui harian menggunakan software yang memungkinkan orang dengan sedikit atau tidak ada latar belakang teknis untuk memperbarui dan memelihara blog. Posting di blog ini hampir selalu diatur dalam urutan cronological terkini dengan penambahan fitur yang paling menonjol. Menulis dalam sebuah blog hampir selalu dalam urutan kronologis dengan penambahan fitur yang paling terkini yang paling menonjol.’ Oleh Matisse.net/glossary.

‘Sebuah blog adalah sejenis situs web yang biasanya disusun dalam urutan kronologis dari tulisan yang terbaru di bagian atas halaman utama dan yang lebih lama berada dibawah.’ Oleh Darren Rowse.
Oleh Marketingterms dictionary.

Seorang pemilik blog atau yang biasa dikenal dengan istilah blogger selalu memperbaharui (up date) blog miliknya secara berkala. Entah itu mempublikasikan tulisan baru, mengganti template, merubah desain, atau hanya sekedar menambah atau mengurangi pernak-pernik blognya. Pembaharuan yang rutin inilah salah satu ciri yang membedakan sebuah blog dengan situs. Sebab, blog bisa diibaratkan sebagai sebuah diary online

Selain blog pribadi yang berisi kisah perjalanan hidup atau catatan-catatan pemiliknya, sebuah blog dapat dapat dikategorikan menjadi dua jenis yang berbeda, yaitu blog yang secara spesifik membahas mengenai suatu topik tertentu dan blog yang menampilkan isi dengan beragam tema yang terkandung di dalamnya. Biasanya, sebuah blog membahas satu tema tertentu. Misalkan blog tentang olahraga, masakan, tutorial blogging, hal-hal unik, motivasi, pendidikan, politik, budaya, dsb. Akan tetapi, tidak jarang banyak juga blogger yang membuat blog miliknya itu mengandung banyak tema.

Apa saja kategori blog itu?
bagi para blogger. Intensitas pembaharuan blog jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan situs. Mengapa? Karena hal ini juga menunjukan bagaimana eksistensi seorang blogger dalam memelihara atau merawat blognya.
  1. Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  2. Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
  3. Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  4. Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  5. Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  6. Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  7. Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  8. Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  9. Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi.
  10. Blog agama: Membahas tentang agama.
  11. Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  12. Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  13. Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  14. Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka.
  15. Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing.
  16. Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog).



Saat ini banyak sekali blogger yang sudah aktif blogging (istilah dalam bahasa indonesia: ngeblog) di seluruh dunia. Selain gratis karena kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa webhosting dan membeli domain layaknya sebuah situs, dalam menjalankan aktifitas blogging pun kita tidak harus dituntut untuk memiliki keahlian dalam desain programming. Karena, hampir semua situs penyedia jasa pembuatan blog secara gratis telah memberikan beragam template pilihan yang tentunya cukup menarik untuk kita gunakan. Proses pembuatan sebuah blog juga mudah. Kita hanya perlu memiliki sebuah alamat email dan memilih platform blog apa yang kita suka, maka jadilah sebuah blog yang cantik dan menarik akan menjadi milik kita.
Bahkan dalam perjalanannya, sekarang ini sudah banyak blogger yang menggunakan blog miliknya sebagai sarana untuk mencari uang lewat internet! Wow..
Bagaimana bisa?
Bisa saja, salah satunya adalah dengan memasang iklan yang akan memberikan bayaran untuk setiap penayangannya di blog para blogger. Tentunya jenis iklan ini bervariasi jenis dan mekanisme pembayarannya. Dan yang tak kalah pentingnya adalah hanya blog yang sudah populer saja yang cenderung akan mampu menghasilkan banyak keuntungan bagi pemiliknya. Karena itu, munculah istilah blogger profesional atau problogger yang merupakan seorang blogger yang mengandalkan penghasilan murni mereka dari blog yang dikelolanya.

Jika di era globalisasi yang sudah tidak lagi mengenal batasan ruang dan waktu ini kalian masih juga belum memiliki sebuah blog, apa kata dunia? Dulu memang seseorang sudah dianggap melek IT jika sudah mampu memiliki email. Akan tetapi, hal itu sudah tidak berlaku lagi karena sekarang saatnya lah kalian memiliki sebuah blog!

Siap menjadi seorang blogger..?

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda. Mohon untuk tidak berkomentar yang bernada SPAM dan berbau p*rn*.

Cari Artikel

Memuat...

Archives