Tips Evaluasi Dan Optimalisasi Blog 2012

Tips Evaluasi Dan Optimalisasi Blog – Tahun 2012 sudah datang dan kita rayakan dengan penuh suka cita. Hadirnya tahun baru 2012 ini tentu membawa harapan besar yang ingin kita wujudkan. Ada banyak semangat baru, langkah kerja baru, hingga resolusi baru.

Berkaitan dengan dunia blogging, momen perayaan tahun baru dapat kita manfaatkan untuk mengevaluasi kinerja blog kita di tahun sebelumnya dan merancang strategi dan resolusi di tahun berikutnya. Hal ini penting untuk dilakukan dalam rangka perbaikan mutu serta kualitas blog agar selalu lebih baik dari waktu ke waktu.



Langkah termudah untuk melakukan evaluasi adalah dengan mendeskripsikan apa saja hambatan yang kita temui di tahun sebelumnya. Kita dapat mengingat kembali apa saja hal-hal yang menghambat dalam perkembangan karir blog kita, masalah teknis yang menimpa blog kita, hingga kegagalan apa yang kita rasakan terhadap blog kita. Setelah itu, kita ajukan resolusi perubahan dan menyusun rencana kerja yang matang guna mewujudkan resolusi yang kita harapkan.

Beberapa tips penting dalam mengoptimalkan kinerja blog yang dapat kita lakukan pada momen tahun baru 2012 antara lain sebagai berikut:

1. Perbarui dan perbaiki konten.

Konten adalah raja. Konten adalah darah dari blog. Semakin bagus konten blog yang kita miliki maka secara langsung akan membuat kualitas blog kita akan menjadi bagus. Perbaikan dan perbaruan konten dalam blog sangat penting untuk dilakukan. Dengan adanya perbaikan konten maka kita dapat meminimalisasi kesalahan pada konten blog kita baik berupa cara bertutur, komposisi materi, akurasi kebenaran materi, kelengkapan materi, dan selera pembaca terhadap materi. Perbaruan konten juga penting untuk dilakukan karena dapat menghilangkan rasa bosan bagi pembaca dan mampu menawarkan sesuatu yang fresh dalam blog kita.

2. Perhatikan tata letak.

Salah satu aspek penilaian seorang pembaca ketika mengunjungi blog kita adalah segi tata letak blog. karena itu, usahakan untuk membuat tata letak blog kita menjadi simpel, memberikan kemudahan akses membaca, hingga rapi dan sedap dipandang mata. Salah satu kebiasaan buruk yang selalu kita lakukan adalah terlalu banyak memasang aksesoris blog. Hal ini harus kita hindari karena dapat merusak tata letak blog, menumpulkan konsep tema blog, hingga memberatkan loading blog.

3 Giat dalam berpromosi.

Promosi blog juga merupakan salah satu langkah penting yang harus kita perhatikan dalam rencana optimalisasi blog milik kita. Tanpa promosi yang bagus maka kualitas blog kita yang bagus akan sia-sia. Hal ini dikarenakan tidak akan banyak orang yang tahu mengenai keberadaan blog kita jika kita tidak pernah mau untuk berpromosi mengenalkannya kepada orang lain.

4. Pelajari SEO.

SEO juga bagian penting yang harus kita perhatikan. SEO berperan penting dalam hal promosi blog karena dengan penerapan SEO yang bagus maka setiap halaman postingan blog kita akan selalu muncul di halaman terdepan SERP (Search Engine Result Page). Ketika blog kita sudah memiliki SEO dengan kualitas yang baik maka potensi kunjungan pembaca baru dari search engine pun akan semakin besar.

5. Mulai memonetisasi blog.

Jika blog kita sudah terkenal dan memiliki kualitas dan kuantitas kunjungan yang bagus, tidak ada salahnya bagi kita untuk mulai memonetisasi blog sebagai sumber penghasilan. Kita dapat memonetisasi blog dengan berbagai cara seperti memasang iklan melalui jasa penyedia layanan iklan, memasang iklan mandiri, menjual produk melalui blog seperti ebook, jual beli link, menerbitkan review berbayar, menjalankan program affiliasi, hingga mengikuti berbagai kontes.

Tahun baru 2012 dapat kita maknai dengan berbagai hal. Yang terpenting adalah semuanya kita maknai dengan hal-hal yang positif dan bersifat membangun. Tahun baru ini juga dapat kita jadikan sebagai momen untuk mengevaluasi dan mengoptimalkan kembali kualitas blog milik kita agar lebih baik lagi ke depannya.

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda. Mohon untuk tidak berkomentar yang bernada SPAM dan berbau p*rn*.

Cari Artikel

Memuat...

Archives