Edit JavaScript

Edit JavaScript – Javascript merupakan sebuah ekstensi file yang digunakan untuk mengemas sebuah file dengan kode yang umumnya panjang untuk kemudian dikemas menjadi satu buah file. File javascript umumnya berekstensi .js dan dapat dibuat, dibuka, serta diedit melalui notepad. Keuntungan penggunaan file javascript ini antara lain kita tidak perlu memasukan kode yang terlalu panjang saat melakukan editing HTML, tetapi cukup meletakan URL file javascript dari kode tersebut yang terlebih dahulu sudah diupload di file hosting.


Penggunaan file javascript ini sangat mudah untuk dilakukan. Salah satu contoh penggunaannya adalah ketika kita ingin mengedit kode yang terdapat di dalam file javascript tersebut. Bagaimana cara untuk melihat dan mengedit kode yang terdapat di dalam file javascript yang kita inginkan?

Pertama, kita tentukan terlebih dahulu URL file javascript yang kita maksudkan.
Misalnya seperti berikut.

http://panduanbelajarblog.googlecode.com/files/efek-salju.js

Setelah itu unduh/download file tersebut dengan cara membukanya di browser milik kita.

Masukan URL javascript di address bar.


Perhatikan file javascript yang berhasil kita unduh. Klik kanan pada file tersebut dan pilih open with notepad.


Klik open.


Kode dalam file javascript yang kita inginkan sudah terbuka.

Setelah itu kode dalam file javascript tersebut terbuka dalam notepad dan kita pun sudah bisa melihat serta mengedit kode yang kita inginkan untuk berbagai keperluan modifikasi. Ketika proses edit javascript selesai kita lakukan, langkah selanjutnya kita dapat menyimpan kembali file javascript tersebut dengan cara klik file pada notepad dan pilih save.

Pada umumnya sekarang ini file javascript banyak digunakan untuk keperluan meringkas kode yang panjang menjadi sebuah file javascript dan menggunggahnya di file hosting untuk kemudian digunakan pada berbagai keperluan. Untuk itu, kita juga harus cermat dalam memilih file hosting sebagai tempat mengunggah file javascript. Tujuannya adalah agar proses request untuk menampilkan kode javascript di sebuah blog tidak berlangsung lama dan memberatkan proses loading blog tersebut secara keseluruhan.

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas komentar Anda. Mohon untuk tidak berkomentar yang bernada SPAM dan berbau p*rn*.

Cari Artikel

Memuat...

Archives