Memperbaiki error NTLDR is Missing pada Windows XP

0
kerusakan ??error NTLDR is Missing atau NTLDR not found memang sering terjadi. Penyebabnya juga bermacam-macam, bisa karena harddisk yang sudah rusak, RAM yang rusak atau serangan virus yang menyebabkan file NTLDR menjadi rusak atau corrupt. NTLDR dalam windows mempunyai peranan yang sangat penting, yaitu sebagai file yang mendukung dalam proses booting Windows, termasuk file Ntdetct.com dan boot.ini. Ketiga file tersebut merupakan file ini yang digunakan dalam proses booting Windows.
Jika anda atau teman anda mengalami error NTLDR is Missing, apa yang akan dilakukan ? Jawabanya mungkin adalah install ulang. Install ulang merupakan sebuah cara memperbaiki Windows yang paling mudah. Tetapi yang menjadi tertanyaan, efektifkah cara tersebut ? Kalo menurut saya jawabannya tidak efektif, karena dengan Install ulang kita kita membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mengembalikan kinerja komputer.
Solusi yang terbaik disini adalah memperbaiki/repair Windows, tetapi disini bukan repair secara otomatis, tetapi repair secara manual lewat command prompt. Menggunakan repair secara manual membutuhkan waktu yang jauh lebih singkat dibandingkan dengan secara otomatis. Kalau melakukan repair Windows secara otomatis waktu yang diperlukan hampir sama dengan waktu install ulang (tanpa instalasi program aplikasi tambahan tentunya).
Seperti yang tadi sudah disampaikan bahwa error NTLDR is Missing disebabkan karena file yang bersangkutan mengalami masalah, bisa rusak atau corrupt. Cara memperbaikinya bisa dikatakan cukup mudah, kita tinggal mengkopikan saja kembali file tersebut yang ada dalam master Windows ke drive dimana Windows tersebut terinstall.
Langkah-langkah yang bisa anda coba adalah:
  1. Booting komputer menggunakan CD Windows xp
  2. Pilih menu repair manual dengan cara masuk ke Windows recovery console. Menu ini muncul setelah proses detecting hardware selesai.

    Setelah menekan tombol “R” maka jendela Windows Recovery Consol akan muncul:
  3. Sebagai asumsi Windows anda terinstall di C:, sedangkan CD ROM anda mempunyai letter D:, maka proses pengkopiannya adalah:
    • copy D:i386ntldr C:
    • copy D:i386ntdetect.com C:
  4. Dengan melalukan 2 cara diatas, maka file NTLDR dan ntdetect.com akan ditimpa dengan file yang sama yang diambilkan dari master Windows Xp.
  5. Langkah berikutnya adalah dengan memperbaiki file boot.ini. Caranya masih pada posisi Windows Recovery Consol, ketik “type c:boot.ini. Perintah ini akan mengecek apakah file boot.ini valid apa tidak. Jika valid maka akan tampil tulisan berikut:
    [boot loader]
    timeout=30
    default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)WINDOWS
    [operating systems]
    multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)WINDOWS=”Microsoft Windows XP Professional” /noexecute=optin /fastdetect
  6. Jika file boot.ini rusak atau corrupt, maka pesan akan ditampilkan kurang lebihnya seperti berikut:
    • The system cannot find the file or directory spesified
    • File not Found-boot.ini
  7. Untuk mengatasi masalah di point ke 6, pada Windows Recovery Consol ketik “edit.com”, setelah ini MS-DOS editor akan terbuka
  8. Buat file berikut ini dan simpan dengan nama boot.ini di drive C:
    [boot loader]
    timeout=30
    default=multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)WINDOWS
    [operating systems]
    multi(0)disk(0)rdisk(0)partition(1)WINDOWS=”Microsoft Windows XP Professional” /noexecute=optin /fastdetect
    Catatan: partition (1) merupakan partisi pertama dimana Windows terinstall, jika anda menginstall Windows di Drive lain, maka anda bisa menyesuaikannya.
  9. Restart komputer, maka kemungkinan masalah error NTLDR is Missing pada Windows XP akan hilang
Demikian apa yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi anda semua pengunjung  sobatPC. Terima kasih
Author Image

About Ahmad Habibullah
Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design